AS Sebut 20 Negara Tawarkan Paket Senjata Baru untuk Ukraina

Selasa, 24 Mei 2022 - 05:30 WIB
loading...
AS Sebut 20 Negara Tawarkan Paket Senjata Baru untuk Ukraina
AS Sebut 20 Negara Tawarkan Paket Senjata Baru untuk Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Sekitar 20 negara menawarkan paket bantuan keamanan baru bagi Ukraina untuk memerangi invasi pasukan Rusia . Hal ini diungkapkan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin dalam pertemuan sekutu pada Senin (23/5/2022).

Seperti dilaporkan AFP, dalam pertemuan kedua mereka, hampir empat lusin negara dan organisasi yang membentuk Grup Kontak Pertahanan Ukraina bertemu secara online untuk membahas cara membantu Ukraina. Dan, 20 negara menjanjikan senjata, amunisi, dan pasokan lainnya untuk mendukung Kiev.



Kelompok itu diberi pengarahan oleh Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov tentang situasi perang tiga bulan saat ini, di mana kedua belah pihak bertempur di garis depan yang panjang atas wilayah yang telah direbut Rusia di timur dan selatan Ukraina.

"Hari ini, bersama dengan Menteri Reznikov dan timnya, kami memperoleh pemahaman yang lebih tajam dan sama tentang persyaratan prioritas Ukraina dan situasi di medan perang," kata Austin.

“Banyak negara menyumbangkan amunisi artileri yang sangat dibutuhkan, sistem pertahanan pantai dan tank serta kendaraan lapis baja lainnya,” lanjutnya. Yang lain, menurut Austin, menawarkan pelatihan untuk militer Ukraina.



Austin mengatakan, Denmark berkomitmen untuk mengirim sistem rudal anti-kapal Harpoon Ukraina, dan Republik Ceko menawarkan helikopter serang, tank, dan sistem roket.

Tetapi Austin tidak akan memberikan perincian tentang apa yang termasuk dalam paket bantuan baru AS senilai USD40 miliar untuk Ukraina, di tengah spekulasi bahwa itu dapat mencakup roket jarak jauh presisi tinggi yang dapat digunakan untuk menghantam wilayah Rusia.

Sejak pertemuan pertama kelompok itu di pangkalan AS di Jerman empat minggu lalu, Austin mengatakan, "momentum sumbangan dan pengiriman luar biasa".



Dia juga mengatakan, kebutuhan Ukraina tidak banyak berubah sejak pertemuan sebelumnya, bahwa perang terus didorong oleh artileri, didukung oleh tank, drone, dan peralatan lainnya.

"Pertarungan benar-benar dibentuk oleh artileri dalam fase ini, dan kami telah melihat baku tembak artileri yang serius selama beberapa minggu terakhir. Semua orang di sini memahami taruhannya perang ini dan mereka membentang jauh melampaui Eropa,” jelasnya.

"Agresi Rusia merupakan penghinaan terhadap tatanan internasional berbasis aturan," lanjut Austin. Dia menambahkan Grup Kontak Pertahanan Ukraina akan bertemu berikutnya secara langsung pada 15 Juni selama pertemuan tingkat menteri NATO di Brussels.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1866 seconds (0.1#10.140)