Negara-negara yang Pernah Dijajah Jepang, Nomor 2 Masih Bersitegang

Senin, 23 Mei 2022 - 18:03 WIB
loading...
A A A
Invasi Jepang ke China ini dimulai dengan masuknya Jepang ke wilayah Manchuria. Di Manchuria, Jepang mendirikan negara boneka yang bernama Manchukuo selama enam bulan.

Jepang mengerahkan pasukan secara massal sehari usai Insiden Mukben.

Menurut sejarawan John Hall serta Peter Duus, insiden tersebut merupakan hasil manipulasi militer Jepang dengan membuat skenario peledakan rel kereta api milik perusahaan Jepang yang saat ini bernama Shenyang.

Salah satu kekejaman militer Jepang ke China adalah pembantaian di Kota Nanking pada 13 Desember 1937.

Pada peristiwa ini, Jepang tidak hanya menguasai kota, namun juga melakukan pembantaian kepada ratusan ribu warga sipil hingga tentara China.

Penjajahan Jepang di China masih diingat sebagai luka sejarah yang belum pulih. Kedua negara pun masih berkonflik hingga saat ini dalam beberapa isu, termasuk sengketa wilayah.

3. Indonesia

Pendudukan Jepang di Indonesia terjadi pada 1942-1945. Serangan Jepang ke pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii pada 8 Desember 1941 menjadi awal takluknya wilayah Asia Pasifik ke Jepang.

Serangan tersebut dilakukan guna mewujudkan keinginan Jepang mendirikan Persemakmuran Asia Timur Raya.

Jepang resmi menduduki Indonesia sejak 8 Maret 1942. Jepang telah memulai menyusun pemerintahan guna melancarkan pendudukan selama di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)