Inggris Akan Naikkan Batas Usia Perokok

Minggu, 22 Mei 2022 - 10:01 WIB
loading...
Inggris Akan Naikkan Batas Usia Perokok
Inggris akan menaikkan batas usia perokok untuk membuat negara itu bebas rokok pada 2030. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Inggris dilaporkan akan menaikkan batas usia legal untuk perokok dari 18 menjadi 21 tahun. Hal itu tertuang dalam tinjauan "radikal" terhadap rencana untuk membuat Negeri Ratu Elizabeth itu bebas rokok pada 2030.

Menurut The Telegraph sebuah tinjauan independen yang ditugaskan oleh Menteri Kesehatan, Sajid Javid, dan dipimpin oleh mantan kepala eksekutif badan amal anak-anak Barnardo, Javed Khan, juga diharapkan untuk mendukung pajak baru atas keuntungan perusahaan tembakau.

Kajian tersebut juga diharapkan dapat merekomendasikan NHS meningkatkan upaya untuk mendorong perokok, terutama di kalangan wanita hamil, untuk beralih ke vaping dan rokok elektrik .

The Telegraph juga melaporkan bahwa Javid, yang berhenti merokok setelah menjadi Menteri Kesehatan tahun lalu, telah mempertimbangkan untuk merekomendasikan usia minimum dinaikkan menjadi 25 tahun. Dia juga dipahami mendukung perubahan besar pada kebijakan tembakau pemerintah, termasuk pengetatan aturan tentang penjualan.

Baca juga: 3 Negara di Dunia yang Mengharamkan Rokok di Negaranya

Khan mengatakan dia mendukung pendekatan "pencemar membayar" yang akan memaksa perusahaan tembakau untuk membiayai kebijakan anti-merokok. Ketika tinjauan diluncurkan, dia mengatakan temuannya akan membantu menyoroti intervensi utama yang dapat membantu pemerintah mencapai ambisinya untuk bebas rokok pada tahun 2030 dan mengatasi kesenjangan kesehatan.

"Sikap yang dia ambil dalam pertemuan yang saya lakukan dengannya cukup radikal," kata seorang sumber yang berkonsultasi dengan Khan selama peninjauan kepada Telegraph seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (22/5/2022).

Tiga sumber dilaporkan mengatakan peninjauan, yang ditugaskan pada bulan Februari, adalah "penutup politik" untuk Javid guna menghindari Downing Street yang menyingkirkan target 2030 di tengah kekhawatiran Partai Konservatif mungkin dituduh mencoba menerapkan "negara pengasuh".

Usia minimum untuk pembelian tembakau terakhir dinaikkan dari 16 menjadi 18 di Inggris, Skotlandia dan Wales pada tahun 2007. Merokok di ruang publik tertutup dan tempat kerja dibuat ilegal di Inggris, Wales dan Irlandia Utara pada tahun yang sama, mengikuti Skotlandia yang memuatnya dalam undang-undang tahun sebelumnya.

Javid dikatakan telah melihat kebijakan di Amerika Serikat (AS), di mana usia legal adalah 21 tahun, dan Selandia Baru, di mana pembelian rokok akan selamanya ilegal bagi siapa pun yang saat ini berusia 14 tahun ke bawah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1390 seconds (11.97#12.26)