Tiga Negara yang Tidak Memiliki Konstitusi Tertulis

Rabu, 18 Mei 2022 - 15:42 WIB
loading...
Tiga Negara yang Tidak Memiliki Konstitusi Tertulis
Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Tercatat ada beberapa negara yang tidak memiliki konstitusi tertulis. Konstitusi sendiri biasa diartikan sebagai hukum dasar atau aturan yang mengatur sebuah negara.

Secara umum konstitusi terbagi menjadi dua macam, yaitu konstitusi tertulis dan konstitusi tidak tertulis. Konstitusi disebut tertulis apabila dituliskan dalam sebuah naskah tertentu. Sedangkan konstitusi dikatakan tidak tertulis karena aturan atau ketentuannya banyak diatur dalam konvensi-konvensi tertentu.

Dilansir dari situs World Atlas, berikut beberapa negara yang tidak memiliki konstitusi tertulis.



1. Selandia Baru

Konstitusi yang dimiliki Selandia Baru adalah seperangkat hukum dan prinsip yang mendefinisikan negara dan warganya. Konstitusi ini berkaitan dengan hubungan antar individu dan negara, serta bagaimana cara pemerintah harus berfungsi.

Negara ini tidak memiliki dokumen konstitusional tunggal. Sebaliknya, konstitusi Selandia Baru bergantung pada beberapa dokumen termasuk Undang-Undang Konstitusi tahun 1986, Undang-Undang Parlemen, hingga Putusan Pengadilan.

2. Israel

Israel juga tercatat sebagai negara yang tidak memiliki konstitusi tertulis. Negara ini berjalan di bawah konstitusi tidak tertulis berdasar Keputusan Harari 30 Juni 1950 yang diadopsi oleh Majelis Konstituante Israel.

Sekutu dekat AS ini juga memberlakukan beberapa undang-undang dasar yang fokusnya tertuju pada hak asasi manusia serta kegiatan pemerintah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)