Kapal Induk Ketiga China Segera Hadir, Latihan Perang Makin Gencar

Rabu, 18 Mei 2022 - 10:22 WIB
loading...
Kapal Induk Ketiga China Segera Hadir, Latihan Perang Makin Gencar
Kapal induk Liaoning menggelar latihan di Samudera Pasifik pada 18 April 2018. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Awal bulan ini, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) mengirim kelompok kapal induk terbesar yang pernah ada ke Laut Filipina untuk melakukan latihan perang.

Pengamat yang melihat latihan tersebut menyebut bahwa itu adalah upaya mempersiapkan Angkatan Laut untuk kedatangan kapal induk ketiga dan terbesar milik China.



Kapal induk Liaoning memimpin kelompok tempur delapan kapal perang dalam apa yang digambarkan juru bicara senior PLAN Gao Xiucheng sebagai “pelatihan tempur yang realistis di laut jauh Pasifik Barat,” di sisi jauh Taiwan dari daratan China.



Di sana, kapal-kapal perang China dikepung di semua sisi oleh wilayah musuh, dengan Jepang dan Filipina bersekutu dengan Amerika Serikat (AS) dan wilayah Guam AS ada di tepi timur laut.



“Dengan menjadi tuan rumah latihan jet tempur tepat di depan pemantauan pasukan Jepang dan berpotensi AS, Angkatan Laut PLA menunjukkan kepercayaannya di tengah kemampuannya yang meningkat,” ungkap para pengamat kepada Global Times, dilansir Sputnik pada Rabu (18/5/2022).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)