Pertama dalam 50 Tahun, Kongres AS Gelar Sidang Pubik Soal UFO

Rabu, 18 Mei 2022 - 00:24 WIB
loading...
Pertama dalam 50 Tahun, Kongres AS Gelar Sidang Pubik Soal UFO
Pertama dalam 50 tahun, Kongres AS menggelar sidang publik soal UFO. Foto/CBS News
A A A
WASHINGTON - Sebuah panel DPR Amerika Serikat (AS) mengadakan sidang kongres publik pertama tentang UFO dalam lebih dari 50 tahun pada Selasa waktu setempat. Dalam sidang itu, pejabat tinggi Pentagon mengatakan jumlah "fenomena udara tak dikenal" (UAP) yang dilaporkan oleh pilot dan anggota militer telah berkembang menjadi sekitar 400.

Di bawah Menteri Pertahanan untuk Intelijen dan Keamanan Ronald Moultrie dan Wakil Direktur Intelijen Angkatan Laut Scott Bray bersaksi di depan subkomite DPR tentang bagaimana Departemen Pertahanan mengatur laporan UAP setelah laporan mandat kongres yang dirilis tahun lalu menemukan sebagian besar insiden yang dianalisis tetap tidak teridentifikasi.

Ketua Subkomite Intelijen DPR AS untuk Kontra Intelijen, Kontraterorisme, dan Kontraproliferasi, Andre Carson, membuka sidang dengan mengatakan UAP adalah potensi ancaman keamanan nasional, dan mereka perlu diperlakukan seperti itu.

"Sudah terlalu lama, stigma yang terkait dengan UAP menghalangi analisis intelijen yang baik. Pilot menghindari pelaporan atau ditertawakan ketika mereka melakukannya. Pejabat Departemen Pertahanan menurunkan masalah itu ke ruang belakang atau menyembunyikannya sepenuhnya, takut akan komunitas keamanan nasional yang skeptis," kata Carson.

"Hari ini, kita tahu lebih baik. UAP tidak dapat dijelaskan, itu benar. Tapi itu nyata. Mereka perlu diselidiki. Dan setiap ancaman yang mereka timbulkan perlu dikurangi," imbuhnya seperti dikutip dari CBS News, Rabu (18/5/2022).



Laporan tahun lalu yang dirilis oleh Kantor Direktur Intelijen Nasional (ODNI) dan Satuan Tugas UAP Pentagon tidak menemukan bukti yang menunjukkan bahwa benda-benda itu adalah makhluk luar angkasa atau dari musuh asing. Tetapi laporan itu juga tidak dapat menjelaskan sebagian besar objek tersebut.

Penyelidik mampu mengidentifikasi salah satu dari 144 laporan yang dianalisis dalam studi mereka tentang objek tak dikenal "sebagai balon besar yang mengempis." Tetapi 143 laporan UAP lainnya dari tahun 2004 hingga 2021 tetap menjadi misteri.

Menurut laporan tersebut ada sedikit keraguan bahwa objek tak dikenal adalah objek nyata, apa pun itu, karena setidaknya 80 dari 144 insiden terdeteksi oleh beberapa sensor.

"UAP jelas menimbulkan masalah keselamatan penerbangan dan dapat menimbulkan tantangan bagi keamanan nasional AS," kata laporan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)