Suara Radio Rusia Menebar Ketakutan di Zona Perang Ukraina

Selasa, 17 Mei 2022 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Keterasingan yang melumpuhkan ini diperparah oleh siaran radio Rusia dan Ukraina yang menghantui yang muncul melalui gelombang udara acak dan menyajikan berita yang kontradiktif. Suara-suara tak dikenal memudar masuk dan keluar dan kadang-kadang menghilang begitu saja.

"Rusia mengatakan mereka menang dan Ukraina mengatakan mereka menang," kata Natalia Georgiyevna.



"Ketika kami masih memiliki Internet, kami dapat menonton berita. Tapi sekarang, saya tidak tahu siapa suara-suara ini atau dari mana mereka berasal," lanjutnya.

Konsep pihak yang bertikai mengisi kekosongan informasi dengan propaganda bukanlah hal baru. Radio adalah senjata Barat yang ampuh melawan Uni Soviet di era Perang Dingin yang coba diblokir oleh Moskow.

Rusia telah mengirimkan pandangannya tentang berita di Ukraina timur selama pemberontakan delapan tahun yang mendahului invasi habis-habisan Kremlin pada 24 Februari.

Siaran Lysychansk menambah rasa paranoia yang meningkat yang tampaknya menguasai jalan-jalan yang benar-benar tanpa hukum di zona industri yang luas yang tertatih-tatih di tepi front Ukraina timur selama berminggu-minggu.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)