Suara Radio Rusia Menebar Ketakutan di Zona Perang Ukraina

Selasa, 17 Mei 2022 - 05:30 WIB
loading...
Suara Radio Rusia Menebar Ketakutan di Zona Perang Ukraina
Suara Radio Rusia Menebar Ketakutan di Zona Perang Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
LYSCHANSK - Radio portabel di ruang bawah tanah yang gelap di taman kanak-kanak yang rusak akibat roket itu memancarkan berita dalam bahasa Rusia melalui gelombang udara. Materi siaran radio seputar kemenangan militer Kremlin di Ukraina .

Seperti dilaporkan AFP, enam wanita dan pria ketakutan yang meringkuk di jantung zona perang Ukraina timur tidak tahu apakah akan mempercayai suara monoton itu - atau siapa yang sebenarnya berpatroli di jalan-jalan kota Lysychansk yang terkepung di atas kepala mereka.



Yang mereka tahu hanyalah, beberapa hari sebelumnya, gedung mereka dihantam oleh tembakan Grad yang membuat ujung ekor salah satu roket yang tidak meledak mencuat dari trotoar dengan sudut tajam hanya beberapa langkah dari pintu belakang.

"Orang-orang Rusia di radio baru saja mengatakan bahwa mereka telah menangkap Bakhmut. Benarkah itu?" Natalia Georgiyevna dengan cemas bertanya tentang sebuah kota 50km ke barat daya yang masih berada di bawah kendali penuh Ukraina.

"Kami tidak benar-benar tahu apa-apa," tetangganya Viktoria Viktorovna menambahkan dari tempat tidur sudut yang ditempatkan tepat di luar sorotan cahaya yang menerangi sepetak ruang bawah tanah yang lembap. "Kurasa kita masih memiliki orang Ukraina di sini, bukan?"

Hampir tiga bulan perang telah mengubah kota pertambangan batu bara berpenduduk 100.000 orang yang sebagian besar berbahasa Rusia ini menjadi gurun yang kekurangan segalanya, mulai dari air dan listrik hingga layanan telepon seluler.



Kebanyakan orang yang merangkak keluar dari tempat perlindungan mereka selama jeda sore dalam pertempuran langsung menuju ke mata air alami satu-satunya kota untuk menimbun air yang harus mereka rebus agar aman untuk diminum.

Beberapa wanita di ruang bawah tanah taman kanak-kanak - sangat ketakutan sehingga mereka hanya membocorkan patronimik mereka alih-alih nama belakang mereka karena takut ketahuan dan dihukum. Mereka juga mengaku tidak berani keluar selama dua bulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1998 seconds (0.1#10.140)