Lukisan Picasso yang Hilang Tampak di Rumah Mantan Ibu Negara Filipina Imelda Marcos

Sabtu, 14 Mei 2022 - 10:45 WIB
loading...
A A A
Imelda (90) diolok-olok karena koleksi sepatunya yang terdiri dari 3.000 pasang sepatu, banyak di antaranya kini dipajang di Museum Sepatu Marikina di Metro Manila, Filipina.

“Nyonya Marcos memiliki kebiasaan membeli lukisan palsu, serta meminjamkan lukisan palsu untuk dipajang,” ujar Ruben Carranza, mantan komisioner Komisi Presiden untuk Pemerintahan yang Baik (PCGG), organisasi yang dibentuk untuk mendapatkan kembali kekayaan haram yang dicuri keluarga Marcos.

Carranza mengatakan tidak jelas apakah lukisan Picasso itu asli atau palsu.

“Fakta bahwa dia sekarang menunjukkannya tidak hanya menunjukkan kepalsuan Mrs Marcos, tetapi bahwa dia harus menunjukkan kepalsuan dan kemewahan yang dia pikir dia perlihatkan untuk dilihat rakyat Filipina… Itu mengatakan sesuatu yang lebih buruk,” papar dia.

“Ini menunjukkan sikap yang benar-benar tidak peduli terhadap rakyat Filipina. Mereka tidak hanya sekarang dituntun untuk percaya bahwa (Marcoses) memiliki emas. Sekarang, mereka membuat rakyat percaya, sekali lagi, bahwa mereka memiliki begitu banyak kekayaan sehingga mereka dapat menampilkannya kapan pun mereka mau,” ujar Carranza.

Lukisan itu dikatakan telah disita pemerintah pada tahun 2014, ketika aset keluarga termasuk delapan lukisan, ditargetkan untuk dipulihkan.

Namun Andres Bautista, mantan ketua PCGG dan Komisi Pemilihan Umum (COMELEC), mengatakan dia yakin lukisan yang disita itu palsu.

Sekarang lukisan itu entah bagaimana kembali secara misterius di dinding Imelda, mendorong Bautista mendesak pemerintah untuk mengambil tindakan.

Keluarga Marcos telah dibuat menghadapi beberapa akibat atas kekayaan yang mereka curi, meskipun tidak semuanya telah dikembalikan.

Sejauh ini, PCGG dilaporkan telah memulihkan USD5 miliar dari keluarga korup itu, meskipun beberapa masih hilang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)