4 Negara di Dunia yang Penduduknya Banyak Menggunakan Bahasa Rusia

Sabtu, 14 Mei 2022 - 07:29 WIB
loading...
4 Negara di Dunia yang Penduduknya Banyak Menggunakan Bahasa Rusia
Seseorang membawa roti saat melintasi kerumunan warga etnik Uzbek menunggu melintasi perbatasan Kyrgyzstan dan Uzbekistan. Foto/REUTERS/Shamil Zhumatov
A A A
KIEV - Bahasa Rusia menjadi salah satu bahasa yang banyak digunakan secara luas di dunia. Menurut Ethnologue, tercatat sekitar 265 juta orang yang tersebar di seluruh dunia berbicara dengan bahasa Rusia.

Dalam hal ini, ada beberapa hal yang mempengaruhi banyaknya jumlah penutur bahasa Rusia. Seperti pengaruh Uni Soviet sebelum keruntuhannya, hingga status Bahasa Rusia yang menjadi salah satu dari enam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa negara di dunia dengan penutur bahasa Rusia yang cukup banyak. Selain, negara Rusia itu sendiri tentunya.

1. Belarusia

Belarus merupakan negara Eropa Timur yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Rusia. Meskipun telah mendeklarasikan kemerdekaan pada tahun 1990, namun ikatan linguistik negara ini dengan Rusia tetap kuat.

Kebanyakan orang Belarusia berbicara dengan bahasa Rusia, bahkan sebagian menganggapnya sebagai bahasa utamanya.

Dikutip dari Nordic Trans, Negara ini memiliki dua bahasa resmi, yaitu bahasa Rusia dan bahasa Belarusia.

Tercatat sekitar 70% penduduknya menggunakan bahasa Rusia, sedangkan 23% menggunakan bahasa Belarus. Sisanya adalah para pengguna bahasa Polandia, Ukraina, dan Yiddish Timur.

2. Ukraina

Walaupun saat ini sedang mengalami konflik, namun Ukraina diketahui memiliki penutur bahasa Rusia yang cukup banyak jumlahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1949 seconds (0.1#10.140)