G7 Bersumpah Tak akan Biarkan Rusia Menang di Ukraina

Senin, 09 Mei 2022 - 14:50 WIB
loading...
G7 Bersumpah Tak akan Biarkan Rusia Menang di Ukraina
Konferensi video para pemimpin G7 di Istana Elysee, Paris, Prancis, 8 Mei 2022. Foto/Thibault Camus/REUTERS
A A A
PARIS - Grup Tujuh (G7) yang terdiri dari Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat (AS), mengeluarkan pernyataan bersama yang mengecam aksi militer Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina.

Tujuh negara itu pada Minggu (8/5/2022) bersumpah tidak pernah membiarkan Moskow memenangkan "perang melawan Ukraina". Mereka juga menjanjikan dukungan militer dan ekonomi lebih lanjut untuk Kiev.

"Kami tetap bersatu dalam tekad kami bahwa Presiden Putin tidak boleh memenangkan perangnya melawan Ukraina," papar pernyataan bersama itu.

Baca juga: Intelijen Inggris: Amunisi Presisi Rusia Telah Sangat Menipis

Dokumen tersebut, yang dikeluarkan pada 8 Mei, hari saat sebagian besar negara Barat merayakan berakhirnya Perang Dunia II di Eropa dan kemenangan atas Nazisme.

Baca juga: Zelensky Ledek Rusia pada Peringatan PD II: Iblis Telah Kembali

Mereka mengatakan negara-negara G7 berutang dukungan untuk Ukraina “mengingat semua orang yang berjuang untuk kebebasan dalam Perang Dunia Kedua.”

Baca juga: Begini Cara Hentikan Putin Gunakan Senjata Nuklir Taktis di Ukraina

G7 menuduh Presiden Vladimir Putin membawa “rasa malu pada Rusia dan pengorbanan bersejarah rakyatnya,” serta melanggar “tatanan berbasis aturan internasional.”

Tujuh pemimpin dunia yang ambil bagian dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) pada Minggu, bersama dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, berjanji memberikan bantuan keuangan lebih lanjut ke Ukraina untuk mendukung kebutuhan mendesak dan “pemulihan dan rekonstruksi jangka panjang.”
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1485 seconds (10.177#12.26)