Presiden Ini Bersumpah Berantas Pelecehan Seks, tapi Dia Jadi Tertuduh

Senin, 09 Mei 2022 - 08:25 WIB
loading...
A A A
"Kami memberi tahu negara dan presiden terpilih bahwa kami ada di sini. Bahwa kami akan waspada," kata Sharo Rosales dari gerakan Women in Action mengatakan kepada media lokal.

Chaves mengambil alih kekuasaan ketika ekonomi negara yang sedang menurun, dengan meningkatnya utang luar negeri sekitar 70 persen dari PDB, tingkat kemiskinan 23 persen, pengangguran hampir 14 persen, dan korupsi sektor publik.

Dia bersumpah untuk memperbaiki negara. "Kami tidak hanya akan membersihkan rumah. Kami akan membangunnya kembali!" katanya

Pariwisata, salah satu penggerak ekonomi utama negara itu, terpukul keras oleh pandemi virus corona, dan negara berpenduduk 5,2 juta orang itu mengalami peningkatan pengangguran.

"Jika kelas politik gagal sekali lagi, negara kita bisa berantakan," kata Chaves.

Dia sebelumnya telah berjanji untuk meningkatkan persyaratan kesepakatan yang dicapai Costa Rica dengan IMF untuk pinjaman lebih dari USD1,7 miliar.

Ekonom, yang menjabat enam bulan sebagai menteri keuangan dalam pemerintahan yang lengser, memenangkan pemilu putaran kedua atas mantan presiden Jose Maria Figueres—yang tersandung skandal korupsi.

Raja Spanyol Felipe VI menghadiri upacara di Kongres di San Jose, bersama dengan kepala negara atau pemerintahan lainnya dan delegasi dari hampir 100 negara.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)