Wanita Afghanistan Perjuangkan Hak Mengemudi di Bawah Tekanan Taliban

Rabu, 04 Mei 2022 - 14:30 WIB
loading...
Wanita Afghanistan Perjuangkan Hak Mengemudi di Bawah Tekanan Taliban
Wanita Afghanistan Perjuangkan Hak Mengemudi di Bawah Tekanan Taliban. FOTO/Al Jazeera
A A A
KABUL - Pejabat Taliban di kota paling progresif di Afghanistan telah mengatakan kepada instruktur mengemudi untuk berhenti mengeluarkan izin kepada perempuan, kata para profesional dari sektor tersebut kepada AFP.

Afghanistan adalah negara yang sangat konservatif dan patriarkal, tidak jarang perempuan mengemudi di kota-kota besar -- khususnya Herat di barat laut, telah lama dianggap liberal menurut standar Afghanistan.



"Kami telah diinstruksikan secara lisan untuk berhenti mengeluarkan SIM kepada pengemudi wanita, tetapi tidak diarahkan untuk menghentikan wanita mengemudi di kota," kata Jan Agha Achakzai, kepala Institut Manajemen Lalu Lintas Herat yang mengawasi sekolah mengemudi.

Adila Adeel, seorang instruktur mengemudi wanita berusia 29 tahun yang memiliki sebuah lembaga pelatihan mengatakan bahwa Taliban ingin memastikan bahwa generasi berikutnya tidak akan memiliki kesempatan yang sama seperti ibu mereka.

“Kami diberitahu untuk tidak menawarkan pelajaran mengemudi dan tidak mengeluarkan lisensi,” katanya.

Pemberontak yang berubah menjadi penguasa merebut kembali kendali negara itu pada Agustus tahun lalu, menjanjikan aturan yang lebih lunak daripada masa kekuasaan terakhir mereka antara 1996 dan 2001, yang didominasi oleh pelanggaran hak asasi manusia.



Tetapi mereka semakin membatasi hak-hak warga Afghanistan, khususnya anak perempuan dan perempuan yang telah dicegah untuk kembali ke sekolah menengah dan banyak pekerjaan pemerintah.

“Saya secara pribadi memberi tahu seorang (penjaga) Taliban bahwa lebih nyaman bagi saya untuk bepergian dengan mobil saya daripada duduk di samping sopir taksi,” kata Shaima Wafa saat dia berkendara ke pasar lokal untuk membeli hadiah Idul Fitri untuk keluarganya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)