Puluhan Warga Sipil Berhasil Melarikan Diri dari Pabrik Baja Mariupol

Minggu, 01 Mei 2022 - 08:04 WIB
loading...
A A A
Menguasai Mariupol akan membantu rencana Moskow untuk merebut seluruh pantai selatan Ukraina, yang akan menyatukan wilayah separatis pro-Rusia seperti Donetsk dan Luhansk di Ukraina timur dengan Crimea, yang dianeksasi Rusia pada 2014. Ini juga akan meningkatkan akses ke wilayah pro-Rusia. Daerah Transnistria melintasi perbatasan barat Ukraina di Moldova.



Sementara itu Rusia dikatakan telah meningkatkan serangannya di timur.

Pada hari Sabtu, tiga ledakan keras terdengar di kota pelabuhan barat daya Odesa, yang menurut para pejabat menghancurkan landasan pacu bandara sehingga tidak dapat digunakan.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Ukraina, Oleksandr Motuzyanyk, mengatakan pasukan Rusia secara bertahap meningkatkan intensitas serangan mereka di Ukraina timur secara bersamaan di semua arah.

Moskow menarik pasukannya dari daerah sekitar ibu kota, Kiev, beberapa minggu lalu untuk memindahkan mereka ke timur Ukraina.

"Ada tanda-tanda bahwa agresor sedang mempersiapkan aktivasi aksi militer yang lebih besar lagi," kata Kolonel Motuzyanyk.

Para pejabat Barat mengatakan Moskow menghadapi tantangan signifikan di timur.



Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Rusia telah dipaksa untuk menggabungkan dan mengerahkan kembali unit-unit yang terkuras dan berbeda dari kemajuan yang gagal dan banyak dari unit-unit ini kemungkinan menderita karena moral yang melemah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)