Ukraina: Rusia Gempur Donbas, Tapi Gagal Rebut Wilayah Sasaran

Sabtu, 30 April 2022 - 19:45 WIB
loading...
Ukraina: Rusia Gempur Donbas, Tapi Gagal Rebut Wilayah Sasaran
Ukraina: Rusia Gempur Donbas, Tapi Gagal Rebut Wilayah Sasaran. FOTO/TASS
A A A
KIEV - Pasukan Rusia menggempur wilayah Donbas di timur Ukraina pada Sabtu (30/4/2022). Namun, menurut militer Ukraina , pasukan Rusia gagal merebut tiga wilayah sasaran.

“Rusia berusaha merebut wilayah Lyman di Donetsk dan Sievierodonetsk, serta Popasna di Luhansk,” Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan dalam laporan harian. "Tidak berhasil - pertempuran berlanjut," lanjutnya seperti dikutip dari Reuters.

Baca: Lavrov: 1 Juta Orang Dievakuasi dari Ukraina ke Rusia Sejak 24 Februari

Setelah gagal merebut Kiev dalam serangan sembilan minggu yang telah mengubah kota menjadi puing-puing, menewaskan ribuan orang dan memaksa 5 juta orang Ukraina melarikan diri ke luar negeri, Rusia kini fokus di timur dan selatan Ukraina.

Moskow berharap untuk mengambil kendali penuh atas wilayah Donbas timur yang terdiri dari Luhansk dan Donetsk, yang sebagian sudah dikuasai oleh separatis yang didukung Rusia sebelum invasi. Moskow mengatakan pada hari Sabtu bahwa unit artilerinya telah menyerang 389 sasaran Ukraina, semalam.

Sementara Serhiy Gaidai, Gubernur Luhansk, mengatakan kepada televisi publik Ukraina bahwa Rusia menembaki seluruh wilayah. “Tetapi mereka tidak dapat menembus pertahanan kami. Warga sipil akan terus dievakuasi meskipun dalam situasi sulit,” ujar Gaidai.

Baca: Lavrov: Rusia Tidak Mengancam Siapapun dengan Perang Nuklir

Gaidai juga mengatakan, dua sekolah dan 20 rumah dihancurkan oleh serangan Rusia pada hari Jumat di Rubizhne dan Popasna, keduanya di Luhansk. Ada juga laporan serangan di tempat-tempat di luar Donbas.

Mykola Khanatov, Kepala Administrasi Militer di Popasna, mengatakan, dua bus yang dikirim untuk mengevakuasi warga sipil dari kota itu ditembaki oleh pasukan Rusia pada hari Jumat dan tidak ada kabar dari pengemudi. Dia tidak mengatakan berapa banyak orang di dalam bus tersebut.

Mykola Lukashuk, kepala dewan regional Dnipro, mengatakan pasukan Rusia telah menembaki pinggiran Velyka Kostromka di daerah Kryvyi Rih. Sebuah desa yang berbatasan dengan wilayah Zaporizhzhia juga dibom. Unggahan media sosial yang belum diverifikasi melaporkan penembakan di kota timur laut Kharkiv.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3575 seconds (11.210#12.26)