Erdogan Kunjungi Raja Salman, Pertama Kali sejak Turki-Arab Saudi Bersitegang

Jum'at, 29 April 2022 - 08:42 WIB
loading...
A A A
Berbicara pada konferensi pers sebelum berangkat ke Kerajaan Arab Saudi, Erdogan mengatakan: “Kunjungan saya mencerminkan keinginan bersama kami untuk memulai era baru kerja sama sebagai dua negara bersaudara."

"Kami akan melakukan upaya untuk memulai era baru peningkatan hubungan antara kedua negara kami dalam segala hal termasuk politik, militer, ekonomi dan budaya," ujarnya.

“Arab Saudi memiliki tempat khusus bagi Turki dalam hal perdagangan dan investasi serta proyek skala besar yang dilaksanakan oleh kontraktor kami. Nilai total proyek yang telah dikerjakan oleh kontraktor kami di Arab Saudi mencapai USD24 miliar. Sifat komplementer dari ekonomi kita adalah faktor utama yang menarik investor Saudi ke lingkungan dinamis di Turki," imbuh Erdogan.

“Saya melihat dan percaya bahwa merupakan kepentingan bersama kami untuk meningkatkan kerja sama kami dengan Arab Saudi di berbagai bidang seperti perawatan kesehatan, energi, ketahanan pangan, teknologi pertanian, industri pertahanan, dan keuangan. Tampaknya kita memiliki potensi yang signifikan terutama dalam energi terbarukan dan hijau. Kami berharap akan membahas dan mengevaluasi masalah ini secara menyeluruh.”

Erdogan juga mengatakan dia akan membahas semua aspek hubungan antara Riyadh dan Ankara.

"Perkembangan regional dan internasional juga akan menjadi agenda kami. Kami menyatakan pada setiap kesempatan bahwa bagi kami, stabilitas dan keamanan saudara dan saudari kami di Teluk sama pentingnya dengan keamanan dan stabilitas kami sendiri. Di era ancaman yang semakin canggih saat ini, dialog dan kerja sama sangat penting untuk keamanan dan stabilitas seluruh kawasan kita.”
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)