Suhu Terus Meningkat, Gelombang Panas Panggang India

Kamis, 28 April 2022 - 17:05 WIB
loading...
A A A
Di antara yang terparah adalah negara bagian India timur yang biasanya lembab, yang mengalami suhu di atas 43 derajat Celcius pada hari Rabu kemarin.

"Jarang terjadi bahwa hampir seluruh negara ... terguncang di bawah gelombang panas," kata ahli hidroklimatologi Arpita Mondal di Institut Teknologi India Bombay, di pantai Maharashtra, di mana dia mengatakan panasnya "tak tertahankan". Suhu di Mumbai mencapai 37 derajat Celcius pada hari Rabu.

Mondal mengatakan perubahan iklim "tidak diragukan lagi" merupakan faktor yang berkontribusi terhadap cuaca ekstrem .



Pada bulan Februari, sebuah laporan oleh Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim memperingatkan kerentanan India terhadap panas yang ekstrem. Misalnya, pada pemanasan 1,5 derajat Celcius di atas suhu pra-industri, ibu kota Benggala Barat, Kolkata, setahun sekali dapat mengalami kondisi yang sama dengan gelombang panas tahun 2015, ketika suhu mencapai 44 derajat Celcius dan ribuan orang meninggal di seluruh negeri.

Penelitian Mondal telah menemukan bahwa polusi perkotaan mungkin juga berperan, dengan karbon hitam dan debu menyerap sinar matahari dan menyebabkan pemanasan yang lebih besar di kota-kota India.

Sementara panas membahayakan kehidupan dan mata pencaharian di India, bahaya sebenarnya datang ketika suhu tinggi bercampur dengan kelembaban tinggi, sehingga sulit bagi orang untuk mendinginkan diri melalui keringat.

Kondisi seperti itu diukur dengan "suhu bola basah" yang merekam pembacaan termometer yang dibungkus kain basah. Temperatur bola basah yang tinggi menjadi perhatian khusus di India, di mana sebagian besar dari 1,4 miliar penduduk negara itu tinggal di daerah pedesaan tanpa akses ke AC atau stasiun pendingin.

Pada hari Rabu, kota-kota di Benggala Barat bagian selatan dan pesisir Odisha mengalami suhu bola basah sekitar 29 derajat Celcius. Manusia hanya dapat bertahan hidup beberapa jam di luar ruangan jika suhu bola basah melebihi 35C.

IMD memperingatkan bahwa kondisinya kemungkinan akan memburuk dalam empat hari ke depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)