Terungkap, EgyptAir Jatuh Tewaskan 66 Orang Gara-gara Pilot Merokok

Kamis, 28 April 2022 - 07:47 WIB
loading...
Terungkap, EgyptAir Jatuh Tewaskan 66 Orang Gara-gara Pilot Merokok
Mohamed Said Shoukair, pilot EgyptAir disalahkan dalam tragedi jatuhnya pesawat yang tewaskan 66 orang karena dia merokok di kokpit. Foto/Facebook via The Sun
A A A
KAIRO - Laporan investigasi mengungkap bahwa jatuhnya penerbangan EgyptAir yang tewaskan 66 orang di dalamnya pada 2016 disebabkan pilot yang merokok, yang memicu kebakaran di kokpit.

Penerbangan EgyptAir MS804 melakukan perjalanan pada 19 Mei 2016, dari Bandara Charles de Gaulle Paris ke Bandara Internasional Kairo ketika jatuh dari langit antara pulau Kreta Yunani dan Mesir utara.

Biro Penyelidikan dan Analisis Prancis untuk Keselamatan Penerbangan Sipil (BEA) sejak itu menyimpulkan bahwa asap di udara pilot Mohamed Said Shoukair menyebabkan kebakaran di atas pesawat Airbus A320 ketika rokoknya menyulut oksigen yang bocor dari masker oksigen di kokpit.

Bencana udara tersebut menewaskan 56 penumpang dan 10 awak, di antaranya 12 warga negara Prancis, 30 warga Mesir, dua warga Irak, satu warga Kanada, dan satu warga Inggris.

Baca Juga: Mekanik EgyptAir Pelaku Pengeboman Pesawat

Pihak berwenang Mesir awalnya mengatakan bahwa kecelakaan pesawat adalah akibat dari serangan teroris, mengeklaim bahwa jejak bahan peledak telah ditemukan di tubuh para korban. Namun, klaim itu secara luas didiskreditkan.

Pada tahun 2018, BEA Prancis menetapkan bahwa penerbangan itu jatuh karena kebakaran di dalam pesawat berdasarkan analisis data dari perekam kotak hitam pesawat, yang ditemukan dari perairan dalam dekat Yunani oleh Angkatan Laut Amerika Serikat (AS)—meskipun pada saat itu para penyelidik tidak mengatakan apa secara khusus menyebabkan onboard inferno.

Namun pada Maret 2022, BEA merilis laporan baru yang menyatakan bahwa oksigen telah bocor dari masker oksigen pilot di kokpit sesaat sebelum kecelakaan, berdasarkan data kotak hitam yang menangkap suara desisan oksigen.

Masker oksigen yang dimaksud telah diganti hanya tiga hari sebelum penerbangan naas oleh pekerja pemeliharaan EgyptAir, tetapi untuk alasan yang tidak diketahui katup pelepasnya disetel ke "posisi darurat", yang menurut manual keselamatan Airbus, dapat menyebabkan kebocoran.

Parahnya, pada saat kejadian, pilot EgyptAir diizinkan merokok di kokpit—aturan yang telah berubah. Menurut pakar penerbangan Prancis, asap di dalam pesawat, dikombinasikan dengan oksigen yang bocor, telah memicu kebakaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2005 seconds (0.1#10.140)