Amerika Serikat Tak Akan Menentang Ukraina yang Netral

Kamis, 28 April 2022 - 05:43 WIB
loading...
Amerika Serikat Tak Akan Menentang Ukraina yang Netral
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Washington tidak akan menentang Ukraina yang mendeklarasikan dirinya sebagai negara netral yang non-blok.Pernyataan itu diungkapkan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Senat pada Selasa (26/4/2022).

Dia menjelaskan, AS berusaha mempersenjatai Ukraina untuk memperkuat tangannya di meja perundingan, tetapi tidak bisa "lebih Ukraina daripada Ukraina" dan keputusan akhir akan ada di Kiev.

Krisis di Ukraina, yang dikunjungi Blinken selama akhir pekan dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Lloyd Austin, mendominasi sidang Selasa di depan Komite Hubungan Luar Negeri Senat tentang anggaran Departemen Luar Negeri 2023.



Pada satu titik, Senator Rand Paul (Partai Republik Kentucky) menyuarakan keprihatinannya bahwa Ukraina “didorong dan didorong oleh setengah anggota Senat yang menginginkan mereka di NATO dan mereka mungkin telah menyetujui netralitas, seperti yang telah diminta Moskow.”



Ditanya oleh Paul apakah AS akan menerima Ukraina menjadi negara netral dan bukan anggota NATO, Blinken menyiratkan bahwa Washington mungkin saja menerima.



“Kami, senator, tidak akan lebih Ukraina daripada Ukraina. Ini adalah keputusan yang harus mereka buat,” ujar dia kepada Paul.

“Tujuan dari bantuan militer AS saat ini ke Ukraina adalah untuk memberi Kiev kemampuan mengusir agresi Rusia dan memperkuat tangan mereka di meja perundingan," tambah Blinken.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)