Australia Berencana Latih Tentara Regional untuk Melawan China

Kamis, 28 April 2022 - 00:01 WIB
loading...
Australia Berencana Latih Tentara Regional untuk Melawan China
Tentara Australia membantu prajurit Angkatan Darat Indonesia saat latihan yang digelar Australian Armys Combat Training Centre di Tully, Australia, 10 Oktober 2014. Foto/REUTERS/Australian Defence Force
A A A
CANBERRA - Partai Buruh Australia mengajukan rencana meningkatkan anggaran pengeluaran keamanan di Pasifik dan mencurahkan sumber daya untuk melatih sekutu regional.

Juru bicara oposisi mengecam pemerintah saat ini karena gagal mengatasi ancaman yang berkembang yang diduga ditimbulkan oleh China.

Partai kiri-tengah itu meluncurkan ide pada Selasa (26/4/2022) untuk "membangun kawasan Pasifik yang lebih kuat."

Baca juga: Rusia Hancurkan Sejumlah Besar Senjata yang Dipasok Barat di Ukraina

Mereka akan meningkatkan keterlibatan dengan mitra lokal jika Partai Buruh memenangkan pemilu yang ditetapkan pada 21 Mei, termasuk dengan "Sekolah Pertahanan Australia-Pasifik" baru untuk pelatihan militer.

Baca juga: AS Bantu Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Rusia yang Membawa Pasukan

Meskipun tidak merinci secara pasti peran apa yang akan dimiliki sekolah itu, partai tersebut juga menyerukan peningkatan dua kali lipat dalam pendanaan untuk Program Keamanan Maritim Pasifik.

Baca juga: Zelensky kepada Jokowi: Terima Kasih Atas Dukungannya

Mereka menyatakan program itu akan membantu “melindungi zona eksklusif ekonomi negara-negara Pasifik” serta untuk meningkatkan “konten media publik Australia kepada audiens di wilayah kami.”

Berbicara kepada wartawan, juru bicara urusan luar negeri Partai Buruh Penny Wong mengkritik dugaan kelemahan Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison terhadap Beijing.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1485 seconds (10.55#12.26)