Negara-negara Bekas Jajahan Spanyol, Nomor 4 Dijajah 6 Negara

Senin, 25 April 2022 - 21:10 WIB
loading...
Negara-negara Bekas Jajahan Spanyol, Nomor 4 Dijajah 6 Negara
Ilustrasi lukisan saat Spanyol menjajah Meksiko. Foto/spanishcolonizatioinmexico.weebly.com
A A A
MADRID - Pada zaman dahulu kegiatan menjajah sering dilakukan oleh berbagai negara untuk memperluas daerah kekuasannya sekaligus menguasai daerah jajahannya.

Awalnya para penjajah ini memiliki semboyan 3G yang merupakan memperoleh kekayaan (gold), kejayaan (glory) dan menyebarkan agama (gospel).

Negara bangsa penjajah ini salah satunya ialah Spanyol. Spanyol tercatat cukup banyak menjajah negara dari berbagai penjuru dunia. Berikut merupakan negara bekas jajahan Spanyol.

1. Meksiko

Penjajahan Spanyol di Meksiko memiliki sejarah yang sangat panjang. Berawal dari kedatangan Hernan Cortes ke ibukota Aztec. Moctezuma, Kaisar Aztec menyambut baik Cortes dan ada yang percaya bahwa orang Spanyol merupakan Dewa yang kembali dalam legenda Aztec.

Dalam perjalanan waktunya, pihak Spanyol dan Aztec mengalami berbagai konflik yang akhirnya membuat keduanya berperang. Diketahui saat itu Cortes kabur dan kembali lagi membawa 50.000 orang.

Hal itu menyebabkan Kaisar Cuauhtemoc menyerah dan melahirkan penjajahan Spanyol. Tercatat Spanyol menjajah Meksiko selama tiga ratus tahun.

Di Meksiko, orang Spanyol membangun berbagai bangunan instana dan gereja sesuai dengan gaya mereka dan menghancurkan semua bangunan suku-suku asli. Meksiko merdeka dari Spanyol pada tahun 1821.

2. Kolombia

Negara ini merupakan negara bekas jajahan Spanyol. Penjajahan Spanyol dimulai sejak tahun 1525 dengan seorang pria bernama Rodrigo de Bastidas mulai mendirikan permukiman di wilayah Santa Marta.

Lokasi Santa Marta sangat ideal untuk kota pelabuhan karena letaknya di pantai utara. Rodrigo kemudian mulai menguasai daerah tersebut dan memperluas kekuasaan Spanyol dari wilayah pesisir hingga ke pedalaman.

Ketika hendak menguasai daerah tersebut pun sempat terjadi pertempuran. Dari pertempuran atau pemberontakan yang pernah terjadi, terdapat pemberontakan Bogota pada 20 Juli 1810.

Pemberontakan Bogota merupakan pemberontakan antar penduduk asli dengan Spanyol yang ingin menguasai daerahnya.

Pada tanggal itu juga merupakan tanggal para pejuang Bogota mendeklarasikan kemerdekaannya dan kemudian diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Kolombia.

3. Kuba

Penjajahan Kuba oleh Spanyol dimulai ketika kedatangan Cristopher Columbus pada tahun 1492 dan tahun-tahun berikutnya terjadi invasi di Kuba.

Diego Velazquez yang merupakan koloni terkaya di Spanyol saat itu mengambil alih untuk menaklukan wilayah Kuba pada tahun 1510. Diego Velazquez kemudian semakin memperluas daerah kekuasannya di Kuba.

Pada saat penjajahan itu juga menyebabkan berbagai pemberontakan yang terjadi antara penduduk setempat dengan orang Spanyol.

Ketika dijajah, orang Spanyol wajib memberikan pakaian, makanan dan mengkristenkan penduduk asli dan warga setempat yang harus bekerja demi kepentingan orang Spanyol.

Kuba merdeka dari penjajahan Spanyol pada tahun 1895. Untuk mendapatkan kemerdekaannya itu, Kuba harus melakukan Perang Kemerdekaan Kuba.

4. Indonesia

Indonesia pernah dijajah oleh enam negara, salah satunya Spanyol. Kedatangan Spanyol di Indonesia dipimpin oleh Ferdinand Magellan pada tahun 1521.

Namun ia terbunuh ketika sedang melakukan ekspedisi, kepemimpinannya itu kemudian dilanjutkan oleh Sebastian del Cano.

Ketika orang Spanyol sampai di Tidore, ia langsung disambut baik oleh Kerajaan Tidore. Kerajaan Tidore pun menjadikan Spanyol sebagai sekutu karena ketika itu Tidore tengah bermusuhan dengan Ternate yang bersekutu dengan Portugis.

Spanyol kemudian bersaing dengan Portugis namun lewat Perjanjian Saragosa itu menyatakan bahwa Spanyol harus meninggalkan Maluku dan memusatkan kegiatannya di Filipina.

Hal itulah yang membuat Spanyol kemudian pergi dari Indonesia dan Portugis yang masih menjajah di Maluku.

Indonesia sendiri baru merdeka tahun 1945 setelah melewati berbagai negara penjajah yang ada seperti Portugis, Spanyol, Belanda, Prancis, Inggris, dan Jepang.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0929 seconds (0.1#10.140)