Fasilitas Canggih di Dalam Gedung Putih Amerika Serikat

Sabtu, 23 April 2022 - 05:01 WIB
loading...
A A A
Untuk memperkuat keamanannya, Gedung Putih dilindungi pula oleh pagar yang berketinggian 3,3 meter, serta terdapat sensor untuk memperingatkan karyawan jika terdapat kondisi tidak aman.

3. Bungker Gedung Putih

Bungker yang berada di Gedung Putih letaknya terkubur jauh di bawah sisi barat Halaman Utara yang berdekatan dengan Sayap Barat.

Bungker ini dibangun pada tahun 1940 ketika Gedung Putih mengalami perombakan besar-besaran dan menambahkan banyak keamanan tambahan.

Dari situlah dibutuhkan tempat berlindung untuk Presiden, para pemimpin, dan pejabat lainnya ketika terjadi ancaman bahaya.

Bungker menjadi jawaban atas kebutuhan tersebut. Ruangan di bawah tanah ini mencakup Pusat Operasi Darurat Kepresidenan (PEOC) dan Pusat Komando Bawah Tanah (DUCC) yang dikelola oleh Kantor Militer Gedung Putih.

Di kantor militer Gedung Putih, tentaranya bertugas selama 24 jam. Lokasi keberadaan bungker ini tentunya sangat rahasia.

4. Pusat Operasi Darurat Kepresidenan (PEOC)

Pusat Operasi Darurat Kepresidenan (Presidential Emergency Operations Center) telah dibangun sejak Perang Dunia II sebagai tindakan perlindungan bagi Presiden Franklin D Roosevelt.

Tempat itu juga pernah digunakan oleh Wakil Presiden Richard B. Cheney selama serangan teroris pada 11 September 2001.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)