4 Kota Paling Jorok di Dunia, Nomor 3 Minim Saluran Pembuangan

Selasa, 19 April 2022 - 02:30 WIB
loading...
4 Kota Paling Jorok di Dunia, Nomor 3 Minim Saluran Pembuangan
4 Kota Paling Jorok di Dunia, Nomor 3 Minim Saluran Pembuangan. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Munculnya predikat kota paling jorok di dunia bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tingkat polusi , kualitas udara untuk bernapas, sistem sanitasi, dan praktik pembuangan sampah , dan sebagainya.

Setiap kemajuan dalam industrialisasi manusia dapat berarti langkah mundur untuk konservasi ekologis. Dilansir dari ibanplastic.com, berikut kota paling jorok di dunia.

Baca: Hidup Berdampingan dengan Polusi Udara Jadi Tantangan Besar bagi Orang Tua

1. Baku, Azerbaijan
Kota terkotor di dunia yakni ibu kota Azerbaijan, Baku, juga dikenal sebagai "Kota Hitam". Menurut Indeks Kesehatan dan Sanitasi Mercer, Baku memiliki peringkat terburuk. Baku memiliki ladang minyak terkaya di dunia.

Lantas, apakah itu berkah atau kutukan? Secara alami, semua sumber daya alam dibuat untuk menjadi berkah. Tapi kemudian keserakahan manusia terjadi dan mengubah segalanya menjadi kutukan. Kota Baku sekarang penuh dengan bor dan kilang, bersama dengan 2 juta penduduk.

Udaranya tercemar asap dan debu, dan perairannya menjadi tempat pembuangan produk samping petrokimia. Overpopulasi, polusi ekstrim, sanitasi termiskin, kurangnya pengelolaan limbah yang tepat, dan industrialisasi yang tidak terkendali.

2. Dzerzhinsk, Rusia
Dengan hanya 300.000 penduduk, siapa yang mengira Dzerzhinsk adalah kota paling jorok di dunia urutan ketiga? Nah, kota Dzerzhinsk memiliki sejarah yang mendalam dengan industri kimia dengan menjadi produsen utama persenjataan Soviet sepanjang abad ke-20.

Setelah perang telah meninggalkan kota dengan tingkat berbahaya bahan kimia beracun yang dibuang yang terbukti sangat fatal. Tingkat polusi yang sangat tinggi di kota ini diyakini menjadi alasan di balik rendahnya harapan hidup penduduk setempat.

Baca: Lima Negara dengan Tingkat Polusi Terparah di Dunia

3. Dhaka, Bangladesh
Dhaka tidak hanya dikenal sebagai salah satu kota terbesar dan terpadat di dunia, tetapi juga kota paling jorok di dunia. Dengan lebih dari 12 juta orang, hanya setengahnya yang memiliki akses ke saluran pembuangan dan sistem septik.

Setiap tahun menghasilkan lebih dari 10 juta ton sampah, kota ini jelas kekurangan pengelolaan sampah yang baik. Dengan sanitasi yang buruk, kelebihan penduduk, dan industrialisasi yang berkembang pesat, Dhaka tidak diragukan lagi merupakan salah satu kota paling jorok di dunia.

4. Sukinda, India
Sukinda adalag salah satu kota paling jorok di dunia. Sukinda sebagai ibu kota pertambangan bijih krom dan kromit, saluran air kota telah sangat terkontaminasi, mempengaruhi lebih dari 50% air minum kota.
Faktanya, salah satu sungai utamanya, Brahmani, ditemukan mengandung kromium heksavalen tingkat tinggi yang berbahaya yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit terkait lainnya. Mengingat fakta bahwa kota itu kelebihan penduduk dengan 2,5 juta orang.

Sc: https://ibanplastic.com/most-dirtiest-cities-in-the-world/
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1876 seconds (10.177#12.26)