Tenggelamnya Kapal Perang Rusia Pukulan Telak bagi Putin

Sabtu, 16 April 2022 - 04:31 WIB
loading...
A A A
Sejak Rusia memulai invasinya ke Ukraina pada 24 Februari, Moskow telah berusaha keras untuk menyensor situasi dan menghentikan warganya untuk dapat melihat apa yang sebenarnya terjadi.

Inkonsistensi faktual dan sensor telah dilaporkan melalui media milik negara seperti Russia Today, Channel One dan Sputnik, dengan perbedaan mencolok antara korban dan kemajuan militer di Ukraina.

Sementara lanskap media Rusia menawarkan campuran publikasi yang dikendalikan negara dan independen, Moskow melarang media untuk menggambarkan invasi Ukraina sebagai perang, dan memilih istilah "operasi khusus".

Situs afiliasi non-pemerintah The Moscow Times melaporkan bulan lalu bahwa pengawas media Rusia telah memerintahkan media negara untuk hanya menggunakan sumber resmi ketika meliput invasi Ukraina.

Mereka yang menolak untuk mematuhi dapat diblokir di Rusia atau didenda hingga lima juta rubel, atau setara dengan USD66.700.

Dalam laporan dari BBC, paket dari saluran Rusia yang paling banyak ditonton, Rossiya 1 dan Channel One juga mengungkapkan perbedaan.

Dalam sebuah buletin, seorang presenter memperingatkan pemirsa terhadap gambar tank Rusia yang hancur, menyebutnya "manipulasi virtual yang tidak canggih".

AS telah menggambarkan tenggelamnya Moskva sebagai "pukulan besar" bagi Armada Laut Hitam Rusia, memperingatkan hal itu dapat mendorong Putin untuk meningkatkan situasi.

Armada Laut Hitam Rusia telah memblokade kota pelabuhan selatan Mariupol yang terkepung, di mana para pejabat Rusia mengatakan mereka memegang kendali penuh.

Menyusul penarikannya dari Ukraina utara awal bulan ini setelah gagal merebut ibu kota, Rusia memfokuskan kembali ke timur, di mana Kiev memperingatkan bentrokan baru berdarah yang akan datang di wilayah Donbass.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)