Kapal Perang Rusia yang Meledak Dirudal Ukraina Berisi 510 Awak

Kamis, 14 April 2022 - 08:23 WIB
loading...
Kapal Perang Rusia yang Meledak Dirudal Ukraina Berisi 510 Awak
Moskva, kapal perang terkenal Rusia dari Armada Laut Hitam. Kapal ini diguncang ledakan dahsyat pada Rabu malam, di mana Ukraina mengeklaim telah menyerangnya dengan rudal. Foto/Russian Navy Black Sea Fleet via Sputnik
A A A
KIEV - Kapal perang terkenal Rusia , Moskva, terbakar dan meledak dahsyat setelah dihantam rudal pasukan Ukraina , Rabu malam. Menurut Kiev, kapal itu berisi 510 awak saat diserang.

Penasihat Presiden Ukraina Oleksiy Arestovych mengatakan, "Kejutan terjadi dengan kapal utama Armada Laut Hitam Rusia, Moskva."

"Ini sangat membakar. Saat ini. Dan dengan badai laut ini tidak diketahui apakah mereka akan dapat menerima bantuan. Ada 510 awak kapal," katanya dalam siaran YouTube.

"Kami tidak mengerti apa yang terjadi."



Versi militer Rusia, kapal penjelajah rudal Moskva terbakar yang menyebabkan amunisi yang dibawanya meledak. Kementerian Pertahanan setempat mengatakan seluruh awak telah dievakusi dengan aman.

Kementerian itu tidak mengonfirmasi bahwa serangan rudal Ukraina sebagai penyebab kapal tersebut terbakar dan meledak. Namun, kementerian tersebut mengakui kapal Moskva mengalami kerusakan parah.

Pejabat Ukraina pada Rabu malam mengeklaim bahwa baterai rudal anti-kapal Neptune mereka yang disembunyikan di Odessa telah berhasil menyerang kapal Moskva dua kali, membuat kapal penjelajah itu terbakar.

Di antara mereka yang membuat klaim adalah Maksim Marchenko, gubernur yang juga kepala administrasi militer di Odessa, serta Anton Gerashchenko, penasihat Kementerian Dalam Negeri di Kiev.

"Rudal Neptune yang menjaga Laut Hitam menyebabkan kerusakan yang sangat serius pada kapal Rusia. Kemuliaan bagi Ukraina!" tulis Marchenko di Telegram, seperti dikutip AFP, Kamis (14/4/2022).

Moskva menjadi terkenal di awal perang ketika pasukan perbatasan Ukraina yang mempertahankan sebuah pulau strategis dilaporkan diperintahkan para awak kapal perang Moskva untuk menyerah.

Alih-alih menyerah, pasukan Kiev tersebut justru memberi jawaban caci maki.

Itu adalah kapal penjelajah rudal kelas Slava yang diluncurkan pada 1979. Ia dipersenjatai dengan 16 rudal anti-kapal dan lebih banyak lagi rudal pertahanan udara, torpedo, dan senjata lainnya.

Ia bagian dari armada Laut Hitam Rusia, dan telah terlibat dalam operasi di lepas pantai Ukraina sejak Februari lalu.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)