Digempur Rusia, Tentara Ukraina Akan Dilatih di Inggris

Rabu, 13 April 2022 - 01:22 WIB
loading...
Digempur Rusia, Tentara Ukraina Akan Dilatih di Inggris
Para tentara Ukraina akan diangkut ke Inggris untuk dilatih militer London. Rencana itu diumumkan Inggris ketika invasi Rusia di Ukraina masih berlangsung. Foto/REUTERS/Gleb Garanich
A A A
LONDON - Di saat Ukraina digempur Rusia , para tentara Kiev akan diangkut ke Inggris dan dilatih di sana. Menteri Angkatan Bersenjata Inggris, James Heappey, mengonfirmasi hal itu pada Selasa (12/4/2022).

Menurutnya, sejumlah pasukan Kiev yang tidak ditentukan diperkirakan akan tiba dalam beberapa hari ke depan untuk mempelajari cara mengoperasikan kendaraan lapis baja yang telah dijanjikan Inggris untuk dipasok ke Ukraina di tengah konflik yang sedang berlangsung dengan Rusia.

“Ada 120 kendaraan lapis baja yang sedang dalam proses persiapan,” kata Heappey kepada LBC Radio.

“Dan pasukan Ukraina yang akan mengoperasikannya akan tiba di Inggris dalam beberapa hari ke depan untuk belajar mengemudi dan memimpin kendaraan itu.”

Pengiriman senjata baru ke pihak berwenang Ukraina dijanjikan oleh London pekan lalu di tengah kunjungan mendadak Perdana Menteri (PM) Boris Johnson ke Kiev.



Johnson bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, mengunjungi ibu kota dan menjanjikan lebih lanjut bantuan keuangan dan militer. "Yang merupakan bukti komitmen kami terhadap perjuangan negara melawan kampanye biadab Rusia,” kata Johnson.

Selain 120 kendaraan lapis baja, paket tersebut juga mencakup rudal anti-pesawat Starstreak, 800 rudal anti-tank NLAW, dan munisi berkeliaran berteknologi tinggi, yang juga dikenal sebagai "drone bunuh diri".

Heappey, dalam wawancara terpisah dengan BBC, mengatakan pengiriman paket senjata Inggris ke Ukraina juga termasuk rudal anti-kapal.

“Ada lebih banyak rudal anti-tank dan anti-pesawat yang diluncurkan dari bahu yang kami kirimkan serta amunisi presisi yang berkeliaran, dan seperti yang Anda dengar perdana menteri katakan pada akhir pekan, kami juga mengirim senjata anti-kapal juga," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)