4 Negara yang Tidak Mengakui Kosovo, Nomor Terakhir Negeri Mayoritas Muslim

Senin, 11 April 2022 - 17:55 WIB
loading...
A A A
Serbia merupakan salah satu negara yang memiliki ketegangan dengan Kosovo. Konflik ini diawali dengan etnis mayoritas Albania dan etnis minoritas etnis Serbia yang saling membenci.

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan pada 17 Februari 2018 dan melepaskan diri dari Serbia.

Ketika negara-negara lain mencoba untuk mendamaikan kedua belah pihak negara, namun tetap tak menunjukkan titik temu.

Amerika Serikat pernah memberikan proposal agar Presiden Serbia mengakui Kosovo. Namun hal itu ditolak oleh Presiden Serbia.

Bahkan Serbia menegaskan bahwa pengakuan negara Kosovo sama sekali tak akan pernah terjadi. Serbia sangat menentang pendeklarasian negara Kosovo yang dulunya merupakan bekas provinsinya.

3. Yunani

Yunani bersama dengan lima negara Uni Eropa lain belum mengakui kemerdekaan sepihak Kosovo dari Serbia. Meski begitu, diketahui Kosovo menjalin hubungan yang baik dengan Yunani.

Yunani pun kemudian menyatakan bahwa perkembangan kerja sama antara Pristina dan Athena itu hanya sebatas pada kerja sama dalam bidang pembangunan ekonomi. Yunani masih tak mengakui kemerdekaan Kosovo.

4. Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang belum mengakui negara Kosovo. Hal itu lantaran karena sikap Kosovo memisahkan diri dari Serbia itu bisa menjadi motivasi untuk gerakan separatisme.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0832 seconds (0.1#10.140)