4 Negara yang Tidak Mengakui Kosovo, Nomor Terakhir Negeri Mayoritas Muslim

Senin, 11 April 2022 - 17:55 WIB
loading...
4 Negara yang Tidak Mengakui Kosovo, Nomor Terakhir Negeri Mayoritas Muslim
Polisi Kosovo berjaga di depan demonstran di Jarinje, Kosovo, 21 September 2021. Foto/REUTERS
A A A
PRISTINA - Kosovo merupakan negara yang berbatasan dengan Serbia di utara dan timur, Makedonia Utara di Selatan, Albania di barat dan Montenegro di barat laut. Negara ini menjadi negara terkecil di Balkan.

Pendirian Kosovo sebagai negara memiliki sejarah yang cukup panjang. Pasalnya negara ini dulunya merupakan wilayah yang melepaskan diri dari Serbia.

Kosovo diketahui merupakan salah satu negara pecahan dari Yugoslavia yang pecah pada tahun 1992. Di Kosovo sempat terjadi berbagai pemberontakan besar, yang memuncak pada tahun 1999.

Konflik berawal ketika etnis Albania berperang melawan etnis Serbia dan pemerintah Yugoslavia di Kosovo.

Walaupun konflik tersebut pernah diperdamaikan oleh PBB, namun aksi ketegangan antara Albania dan Serbia di Kosovo tetap berlanjut.

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan pada 17 Februari 2008. Pengakuan kemerdekaannya itu pun menuai pro dan kontra, pasalnya ada beberapa negara yang tidak setuju akan pendirian negara yang dilakukan melalui gerakan separatisme.

Hal itu mengakibatkan beberapa negara masih belum mengakui Kosovo. Berikut daftarnya.

1. Spanyol

Spanyol merupakan salah satu negara yang tak mengakui Kosovo. Namun, Spanyol berjanji akan mengakui Kosovo apabila Kosovo dan Serbia melakukan kesepakatan.

Spanyol masih menganggap deklarasi kemerdekaan Kosovo itu secara sepihak. Alasan lainnya ialah karena takut akan memicu gerakan separatis di wilayah Spanyol Catalonia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)