Terancam AS, China Tingkatkan Persenjataan Nuklir

Senin, 11 April 2022 - 06:59 WIB
loading...
A A A
Menurut sumber yang dikutip dalam laporan WSJ, pihak berwenang China sekarang mencurigai bahwa permainan akhir Washington adalah penggulingan Partai Komunis China (PKC), dan bahwa AS mungkin bersedia mengambil risiko lebih besar untuk menghentikan kebangkitan China.

Selain itu, Beijing dilaporkan khawatir bahwa Washington dapat mengerahkan senjata nuklirnya jika konflik militer pecah di Taiwan.

Seorang sumber anonim mengatakan kepada surat kabar itu bahwa petinggi China menganggap persenjataan nuklir mereka dalam bentuknya saat ini terlalu ketinggalan zaman untuk bertindak sebagai pencegah yang berarti terhadap potensi serangan nuklir Amerika.

“Kemampuan nuklir China yang lebih rendah hanya dapat menyebabkan meningkatnya tekanan AS terhadap China,” kata satu orang yang mengaku dekat dengan kepemimpinan China kepada wartawan Amerika.

Laporan itu mengasumsikan bahwa Beijing tidak berencana untuk mengembangkan kemampuan nuklirnya melebihi apa yang diperlukan untuk memastikan kepentingan keamanannya.

Selain itu, menurut laporan WSJ, China tetap berkomitmen untuk tidak menggunakan senjata nuklir terlebih dahulu.

Laporan itu diakhiri dengan mengutip seorang pensiunan pejabat militer China, yang mengatakan bahwa “tidak peduli bagaimana situasi berkembang di masa depan, dunia akan lebih konfrontatif, yang berarti bahwa China pasti perlu mempertahankan pencegahan nuklir.”

China tidak mempublikasikan rincian persenjataan nuklirnya dan sejauh ini menolak untuk terlibat dalam pembicaraan pengendalian senjata nuklir dengan AS, bersikeras bahwa Washington harus memotong inventaris nuklirnya sendiri terlebih dahulu.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)