Pakistan Sukses Uji Rudal Balistik Shaheen-III, India Wajib Waspada

Minggu, 10 April 2022 - 10:15 WIB
loading...
Pakistan Sukses Uji Rudal Balistik Shaheen-III, India Wajib Waspada
Pakistan sukses uji coba rudal balistik Shaheen-III. Foto/NDTV
A A A
ISLAMABAD - Angkatan Darat Pakistan sukses melakukan uji coba rudal balistik Shaheen-III yang dapat menyerang target hingga 2.750 kilometer, membuat sejumlah kota di India berada di bawah jangkauannya.

"Uji coba itu bertujuan untuk memvalidasi ulang berbagai desain dan parameter teknis sistem senjata," kata Humas Inter Services sayap media militer dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari NDTV, Minggu (10/4/2022).

Surat kabar Dawn melaporkan Shaheen-III adalah rudal balistik permukaan-ke-permukaan dengan jangkauan 2.750 kilometer, yang membuatnya mampu mencapai titik terjauh di timur laut India dan Kepulauan Andaman serta Nicobar.



Rudal balistik jarak menengah ini berbahan bakar padat dan dilengkapi dengan sistem Post-Separation Altitude Correction (PSAC).

Bahan bakar padat cocok untuk kemampuan respons cepat, sementara fitur PSAC menyediakan kemampuan untuk menyesuaikan lintasan hulu ledak membuat akurasi yang lebih besar dan menghindari sistem pertahanan rudal anti-balistik, kata laporan itu.

Rudal itu pertama kali diuji pada Maret 2015.



Tahun lalu, Angkatan Darat Pakistan juga sukses melakukan uji peluncuran Babur Cruise Missile 1B versi "jarak yang ditingkatkan" yang dikembangkan secara lokal.

Direktur Jenderal Divisi Rencana Strategis (SPD) Letnan Jenderal Nadeem Zaki Manj mengucapkan selamat kepada para ilmuwan dan insinyur atas pencapaian keunggulan dalam domain teknologi rudal jelajah.

Dia juga mengungkapkan keyakinan penuhnya bahwa tes ini akan semakin memperkuat pencegahan strategis Pakistan.

Presiden Arif Alvi, Perdana Menteri Imran Khan, Ketua Gabungan Kepala Staf Komite Jenderal Nadeem Raza dan kepala layanan juga memberi selamat kepada para ilmuwan dan insinyur atas keberhasilan peluncuran tersebut.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)