Pakistan Tuntut Penyelidikan Bersama Insiden Penembakan Rudal India

Sabtu, 12 Maret 2022 - 21:00 WIB
loading...
Pakistan Tuntut Penyelidikan Bersama Insiden Penembakan Rudal India
Pakistan Tuntut Penyelidikan Bersama Insiden Penembakan Rudal India.
A A A
ISLAMABAD - Pakistan menuntut penyelidikan bersama terhadap sebuah rudal yang menurut India ditembakkan secara tidak sengaja ke wilayah Pakistan. Islamabad juga menolak keputusan New Delhi untuk mengadakan penyelidikan internal atas insiden tersebut dan meminta masyarakat internasional untuk berperan.

"Masalah serius seperti itu tidak dapat ditangani dengan penjelasan sederhana yang diberikan oleh otoritas India," kata kantor luar negeri Pakistan dalam sebuah pernyataan, Sabtu (12/3/2022).

Baca: Parah, India Mengaku Tak Sengaja Tembakkan Rudal Supersonik ke Pakistan

"Pakistan menuntut penyelidikan bersama untuk secara akurat menetapkan fakta seputar insiden itu," tambah pernyataan tersebut, seperti dikutip dari Reuters.

Sebelumnya, India mengatakan pada hari Jumat, pihaknya secara tidak sengaja menembakkan rudal ke Pakistan minggu ini karena "kerusakan teknis" selama pemeliharaan rutin. India memberikan versi kejadiannya setelah Pakistan memperingatkan New Delhi tentang "konsekuensi yang tidak menyenangkan".

“Komunitas internasional harus memainkan peran yang semestinya dalam mempromosikan stabilitas di lingkungan yang terkena nuklir," kata pernyataan kantor luar negeri Pakistan. Islamabad juga memperingatkan "konsekuensi yang mengerikan" jika ada salah tafsir oleh salah satu pihak yang mengarah pada eskalasi.

Pakar militer di masa lalu telah memperingatkan risiko kecelakaan atau kesalahan perhitungan oleh tetangga bersenjata nuklir, yang telah berperang tiga kali dan terlibat dalam banyak bentrokan bersenjata yang lebih kecil, biasanya di wilayah Kashmir yang disengketakan.

Baca: Kesulitan Evakuasi Mahasiswa, India Desak Gencatan Senjata Rusia-Ukraina

Ketegangan telah mereda dalam beberapa bulan terakhir, dan insiden itu, yang mungkin merupakan yang pertama dari jenisnya, segera menimbulkan pertanyaan tentang mekanisme keamanan.

Pakistan menuntut klarifikasi dari India mengenai mekanisme keamanannya untuk mencegah peluncuran rudal yang tidak disengaja, dan apakah itu ditangani dengan tepat oleh angkatan bersenjatanya.

Menurut Asosiasi Kontrol Senjata yang berbasis di Amerika Serikat, jangkauan rudal antara 300 km dan 500 km, membuat senjata mematikan itu mampu menghantam Islamabad dari landasan peluncuran India utara.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2777 seconds (11.97#12.26)