10 Negara dengan Gaji Perawat Menjanjikan

Sabtu, 20 Juni 2020 - 17:12 WIB
loading...
10 Negara dengan Gaji Perawat Menjanjikan
Di banyak negara, perawat dianggap sebagai pekerjaan menguntungkan. Sejumlah negara membayar besar gaji para perawat. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
PROFESI perawat adalah pekerjaan berat. Perawat bisa bekerja di rumah sakit, klinik swasta, atau tempat lain. Profesi ini menempati banyak peran berbeda dengan gaji bervariasi tergantung pada tingkat pendidikan dan spesialisasi.

Di banyak negara, perawat dianggap sebagai pekerjaan menguntungkan. Sejumlah negara membayar besar gaji para perawat, berikut di antaranya. (Baca juga: 10 Negara dengan Sistem Kesehatan Publik Terbaik di Dunia)

1. Luksemburg

10 Negara dengan Gaji Perawat Menjanjikan


Dikenal terutama sebagai surga bagi para profesional keuangan, spesialis pajak dan akuntan, Luksemburg terletak di antara Belgia, Jerman, dan Prancis. Negeri mini ini meerupakan lokasi utama bagi para profesional kesehatan tak terkecuali profesi perawat. Perawat yunior memiliki gaji sekitar USD60.000 per bulan, sementara rata-rata gaji perawat senior sekitar USD105.749. (Baca juga: Jaga Kebugaran, Yuk Tetap Olahraga Meski di Rumah Saja)

2. Islandia

10 Negara dengan Gaji Perawat Menjanjikan


Islandia membanggakan sistem kesehatan yang didanai pemerintah dengan kualitas pelayanan salah satu terbaik di dunia yang membuat iri banyak negara. Gaji rata-rata tahunan perawat di Islandia sekitar USD87.635. Dengan gaji besar tersebut diperkirakan banyak orang rela hidup di Islandia yang memiliki musim dingin ekstrim dan sinar matahari sangat terbatas namun menawarkan imbalan finansial menjanjikan. (Lihat grafis: 5 Negara dengan Jaminan Kesehatan Nasional Terbaik)

3. Amerika Serikat

10 Negara dengan Gaji Perawat Menjanjikan


Bukan rahasia lagi bahwa profesi dokter di AS dibayar sangat baik. Negeri Paman Sam selama ini juga dikenal memiliki fasilitas medis salah satu yang terbaik di dunia serta menawarkan beberapa sekolah kedokteran terbaik. Tak heran profesi perawat di negara ini juga digaji secara memadai. (Baca juga: Beratnya Tantangan Tenaga Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19)

Gaji rata-rata perawat adalah sekitar USD74.250 meskipun ada sejumlah negara bagian yang memiliki standar berbeda. Minnesota dan Nevada misalnya menawarkan gaji rata-rata perawat lebih besar yakni USD93.000, sementara Texas dan Washington USD91.000.

4. Australia

10 Negara dengan Gaji Perawat Menjanjikan


Australia disebut-sebut sebagai negara yang sempurna bagi mereka yang ingin menggabungkan peluang karier dengan gaya hidup yang lebih baik dan santai. Perawat adalah salah satu satu profesi yang sangat dihargai di Australia. (Baca juga:
Australia-WHO Kerjasama Bantu Indonesia Perangi Covid-19)

Perawat di negeri kangguru memiliki gaji tahunan sekitar USD72.271. Tidak mengherankan bahwa Australia selama ini menjadi salah satu incara orang-orang yang ingin berprofesi sebagai perawat.

5. Norwegia

10 Negara dengan Gaji Perawat Menjanjikan


Seperti negara-negara Skandinavia lain, Norwegia terkenal sebagai negera yang memiliki kualitas hidup sangat baik tak terkecuali dalam hal perawatan kesehatan. Di negara ini profesi perawat memperoleh gaji rata-rata USD66.647

6. Israel

10 Negara dengan Gaji Perawat Menjanjikan


Meskipun gaji rata-rata di Israel tidak termasuk tertinggi di dunia, ada industri tertentu di mana pekerja mendapatkan gaji sangat layak. Salah satunya profesi seorang perawat.

Apalagi sistem pelayanan kesehatan Israel dinilai sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Seorang perawat digaji tahunan rata-rata USD63.541.

7. Belanda

10 Negara dengan Gaji Perawat Menjanjikan


Sebagai salah satu anggota Uni Eropa, Belanda dikenal memiliki ekonomi paling stabil di dunia. Tak heran apabila Negeri Kincir Angin menjadi tempat yang sangat menarik bagi semua profesional kesehatan tak terkecuali profesi perawat. Seorang perawat bisa membawa pulang gaji rata-rata USD60.253.

8. Swiss

10 Negara dengan Gaji Perawat Menjanjikan


Rata-rata gaji seorang perawat di negara yang dikenal sebagai pusat kantor organisasi dunia ini adalah USD58.041. Dengan gaji sebesar itu seseorang dianggap bisa hidup layak meski Swiss selama ini dikenal memiliki standar biaya hidup tinggi.

Dengan gaji besar, seorang perawat di Swiss juga dituntut menguasai banyak bahasa antara lain Jerman, Prancis, dan Italia. Selain tentunya Bahasa Inggris.

9. Republik Irlandia

10 Negara dengan Gaji Perawat Menjanjikan


Seorang perawat di Irlandia digaji rata-rata USD57.663. Perawat yang ingin praktik di Irlandia harus terdaftar di Dewan Keperawatan dan Kebidanan Irlandia (NMBI). Untuk bekerja di Irlandia, visa kerja adalah persyaratan mutlak.

10. Selandia Baru

10 Negara dengan Gaji Perawat Menjanjikan


Selandia Baru sudah menjadi tujuan yang sangat populer bagi imigran berbahasa Inggris - terutama di sektor kesehatan, termasuk di dalamnya profesi perawat. Negeri Kiwi selama ini juga memiliki sistem layanan kesehatan publik/swasta sebagai salah satu terbaik di dunia. Rata-rata gaji yang dibawa pulang perawat adalah USD56.318.

Sumber: www.worldatlas, www.careeraddict.com
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0821 seconds (0.1#10.140)