5 Penderitaan Tenaga Medis di Gaza di Luar Nalar Manusia

Senin, 20 November 2023 - 21:21 WIB
loading...
5 Penderitaan Tenaga Medis di Gaza di Luar Nalar Manusia
Tenaga medis di Gaza harus berjuang keras hingga mengorbankan nyawa. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Setelah lebih dari satu bulan pemboman Israel yang intens, petugas kesehatan di Jalur Gaza merasakan beban yang sangat berat karena terus menerus merawat orang-orang yang terluka dan meninggal. Apalagi, pasokan medis yang tidak mencukupi dan pasokan listrik yang bergantung pada generator cadangan yang kehabisan bahan bakar.

Para tenaga medis baik perawat atau pun dokter harus berjuang dalam kondisi perang. Mereka juga mengalami lebih banyak momen duka, dan hampir tak pernah mengalami kebahagiaan. Itu tidak lain karena adanya rasa tanggung jawab untuk melindungi dan merawat para korban kekejaman tentara Israel.

Berikut adalah 5 penderitaan tenaga medis di Gaza yang bisa saja menjadi target serangan tentara Israel.

1. Tetap Bekerja, Meski Anggota Keluarga Tewas

5 Penderitaan Tenaga Medis di Gaza di Luar Nalar Manusia

Foto/Reuters

Mohamed Abu Mousa, seorang ahli radiologi, baru berhenti bekerja di Nasser Medical Center di kota Khan Younis, Gaza selatan, selama beberapa jam sejak Israel mulai mengebom daerah kantong tersebut pada 7 Oktober. Salah satu dari beberapa perjalanannya ke luar rumah sakit adalah untuk menguburkan putranya, Youssef.

Anak berusia tujuh tahun tersebut terbunuh – bersama dengan salah satu keponakan Abu Mousa – ketika rumah keluarga tersebut hancur menjadi puing-puing akibat serangan udara Israel pada tanggal 15 Oktober. Setelah mengistirahatkan putranya, ia segera kembali ke klinik radiologi untuk melanjutkan pekerjaan.

“Kami tidak bisa berhenti sejenak untuk berduka,” kata Abu Mousa, yang tenang namun kelelahan, kepada The New Humanitarian. “Sakit hati memang luar biasa, tapi lukanya tiada habisnya. Kami harus terus maju.”

Putra Abu Mousa adalah salah satu dari sedikitnya 3.648 anak yang terbunuh di Gaza sejak 7 Oktober, menurut Kementerian Kesehatan di wilayah kantong tersebut, yang diperintah oleh kelompok politik dan militan Hamas. Jumlah tersebut melampaui total kematian tahunan anak-anak di seluruh zona konflik di dunia selama tiga tahun terakhir, menurut Save the Children.

2. Bekerja Sepanjang Waktu

5 Penderitaan Tenaga Medis di Gaza di Luar Nalar Manusia

Foto/Reuters

Petugas kesehatan di wilayah yang terkepung telah bekerja sepanjang waktu bahkan ketika Israel telah berulang kali memerintahkan administrator untuk mengevakuasi rumah sakit – sesuatu yang oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) disebut sebagai “hukuman mati” bagi mereka yang sakit dan terluka.

Enam belas dari 35 rumah sakit di wilayah kantong tersebut terpaksa ditutup karena kerusakan atau kekurangan bahan bakar, dan setidaknya 130 petugas kesehatan tewas, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Rumah sakit yang tetap berfungsi hanya beroperasi dengan sepertiga dari jumlah staf normalnya karena tingginya jumlah pekerja medis yang terpaksa mengungsi dan meninggal.

Mereka yang mampu bekerja mempunyai sumber daya yang terbatas. Para pekerja medis semakin harus berimprovisasi untuk merawat korban luka, bergantung pada bantuan relawan karena semakin banyak fasilitas kesehatan dan ambulans yang tidak berfungsi karena rudal Israel.

3. Rela Berkorban hingga Titik Darah Terakhir

5 Penderitaan Tenaga Medis di Gaza di Luar Nalar Manusia

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)