Australia-WHO Kerjasama Bantu Indonesia Perangi Covid-19

Selasa, 16 Juni 2020 - 15:04 WIB
loading...
Australia-WHO Kerjasama Bantu Indonesia Perangi Covid-19
Australia menggelontorkan dana sebesar Rp. 61 miliar untuk membantu penanganan Covid-19 melalui WHO. Foto/Sindonews
A A A
JAKARTA - Australia dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dilaporkan bekerja sama untuk membantu penanganan Covid-19 Indonesia. Australia menggelontorkan dana sebesar Rp. 61 miliar untuk membantu penanganan Covid-19 melalui WHO.

Menurut keterangan Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia, yang diterima Sindonews pada Selasa (16/6/2020), dengan dana ini, WHO dan Indonesia akan bekerja sama untuk memperkuat laboratorium Indonesia, meningkatkan cara Indonesia mengumpulkan dan menggunakan informasi kesehatan, dan juga membantu melindungi pasien dan petugas kesehatan di fasilitas kesehatan.

( Baca juga: Covid-19 Dunia 16 Juni: 8 Juta Kasus, 436.319 Meninggal, 3,8 Juta Sembuh )

"Sebagai tetangga dan mitra jangka panjang, Indonesia dan Australia berada dalam posisi yang baik untuk mengatasi tantangan-tantangan ini bersama-sama. Mendukung upaya keamanan kesehatan kritis langsung Indonesia, dalam kemitraan dengan WHO, adalah hal mendasar untuk memastikan pemulihan kawasan kami," kata Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan.

Negara-negara dengan mekanisme ketahanan yang lebih besar untuk menanggapi ancaman penyakit menular yang ada dan yang sedang muncul berarti lingkungan yang lebih aman bagi masyarakat dan ekonomi yang lebih menguntungkan.

“Selama dua tahun ke depan, WHO akan terus bekerja dengan pemerintah Indonesia untuk mencapai perbaikan kebijakan dan prosedur nasional untuk dapat lebih baik menanggapi keadaan darurat kesehatan masyarakat,” kata N. Paranietharan, Perwakilan WHO untuk Indonesia.

( Baca juga: Antisipasi Penyebaran COVID-19, Tim Medis Cek Kesehatan PMKS )

“Dengan dukungan dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia, WHO akan dapat memastikan dukungan penting diberikan terhadap kesiapan sistem kesehatan, termasuk meningkatkan pengawasan nasional dan sistem deteksi kasus, dan memperkuat kegiatan pencegahan dan pengendalian infeksi," sambungnya.

Dia mengatakan, dampak penuh Covid-19 masih berlangsung secara global dan kemungkinan akan terasa untuk waktu yang lama. "Australia dan WHO terus bermitra dengan Indonesia untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan kesehatan dan kemanusiaan untuk mengurangi dampak Covid-19 pada masyarakat dan melindungi yang paling rentan," tukasnya.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3170 seconds (10.101#12.26)