Terancam China, Australia Perkuat Angkatan Udara dan Laut dengan Rudal Baru

Kamis, 07 April 2022 - 11:27 WIB
loading...
Terancam China, Australia Perkuat Angkatan Udara dan Laut dengan Rudal Baru
Rudal JASSM-ER buatan Lockheed Martin dipamerkan di depan jet tempur. Foto/Lockheed Martin
A A A
CANBERRA - Australia telah memulai program untuk memodernisasi kekuatan Angkatan Udara dan Angkatan Laut dengan rudal baru, melalui investasi USD2,6 miliar (Rp37 triliun).

Dorongan untuk mempersenjatai kembali datang di tengah kekhawatiran atas situasi di Ukraina dan tumbuhnya pengaruh China di Pasifik Selatan.

“Ketika Anda melihat apa yang terjadi di Ukraina, ketika Anda melihat potensi konflik di Indo-Pasifik, ini sangat nyata bagi kami sekarang dan kami harus realistis (untuk) mencegah tindakan agresi apa pun dan membantu menjaga perdamaian di wilayah kami sendiri,” ungkap Menteri Pertahanan (Menhan) Australia Peter Dutton kepada wartawan, Selasa (5/4/2022).



Sebagian dana itu akan digunakan untuk mempersenjatai armada jet tempur FA-18F Super Hornet Australia dengan rudal JASSM-ER.



Diproduksi di Amerika Serikat (AS) oleh raksasa industri senjata Lockheed Martin, rudal jarak jauh itu akan memungkinkan pesawat tempur menyerang target musuh pada jarak 900 kilometer.



Australia bermaksud meningkatkan kekuatan udaranya dengan rudal udara-ke-permukaan yang lebih baik, tetapi jadwal yang direvisi sekarang menetapkan 2024 sebagai tahun target. Ini tiga tahun lebih cepat dari jadwal sebelumnya.

Negara ini juga bertujuan menyelesaikan peningkatan angkatan lautnya pada 2024, mempersenjatai fregat Kelas ANZAC dan kapal perusak Kelas Hobart dengan NSM (Naval Strike Missiles).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1924 seconds (0.1#10.140)