Rusia Klaim Ukraina Mungkin Telah Mengeksekusi Tawanan Perang Crimea

Rabu, 06 April 2022 - 01:49 WIB
loading...
Rusia Klaim Ukraina Mungkin Telah Mengeksekusi Tawanan Perang Crimea
Rusia klaim Ukraina mungkin telah mengeksekusi tawanan perang Crimea. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Ombudsman hak asasi manusia Rusia telah berjanji untuk menyelidiki informasi bahwa beberapa perwira Crimea , yang ditahan di Ukraina , diduga telah ditetapkan oleh otoritas Kiev sebagai "tidak dapat ditukar" dan bahkan dapat dihukum mati.

Berbicara kepada wartawan pada hari Selasa, Tatiana Moskalkova mengkonfirmasi bahwa Rusia dan Ukraina sebelumnya telah melakukan pertukaran tahanan dalam "format 86 hingga 86."

Dia juga mengatakan dia diberi daftar beberapa perwira Crimea, yang menurut dugaan pihak berwenang Ukraina tidak akan diizinkan untuk ditukar, dan yang, dia khawatirkan, mungkin menghadapi eksekusi.



"Saya akan memeriksa, melakukan penyelidikan dengan pihak Ukraina, memeriksa dengan badan-badan internasional," kata Moskalkova, tanpa menyebutkan sumber informasinya seperti dilansir dari Russia Today, Rabu (6/4/2022).

Dia menyatakan akan mengirim rekaman dan bukti yang tersedia untuk umum hari ini kepada Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia dan kepada Komisaris Hak Asasi Manusia Dewan Eropa agar seluruh dunia mengetahui kebenarannya.

Pernyataan ombudsman Rusia datang beberapa hari setelah pernyataan sebelumnya, ketika dia mengatakan bahwa Rusia telah berkomitmen penuh pada Konvensi Jenewa dalam perlakuannya terhadap tahanan perang, dan bahwa orang Ukraina yang ditangkap telah ditahan dalam kondisi "ideal".

Sementara itu, sejak awal serangan militer Rusia di Ukraina pada 24 Februari, Moskow dan Kiev telah saling menuduh perlakuan tidak manusiawi terhadap tawanan perang dan melanggar Konvensi Jenewa.

Pada hari Senin, mitra Ukraina Moskalkova, Lyudmila Denisova, mengutip istri salah satu anggota Garda Nasional negara itu, mengklaim bahwa beberapa perwira diduga ditangkap oleh pasukan Rusia pada 24 Februari dan ditahan di lokasi yang tidak diketahui sejak saat itu, kelaparan dan tidak diberi minum.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)