Zelensky Serukan Rusia Dicopot dari Dewan Keamanan PBB

Rabu, 06 April 2022 - 00:01 WIB
loading...
A A A
Amerika Serikat, sekutunya, dan para pemimpin internasional terkemuka lainnya mengatakan bahwa kekejaman yang terungkap di Ukraina yang diduga dilakukan oleh pasukan Rusia merupakan kejahatan perang, dan upaya untuk mendokumentasikan peristiwa tersebut dibagikan kepada badan-badan terkait yang melakukan penyelidikan.

Di antaranya termasuk penyelidikan oleh Pengadilan Kriminal Internasional, kantor Jaksa Agung Ukraina dan penyelidikan oleh negara-negara regional lainnya di Eropa timur.

Sekretaris Jenderal PBB Antóoio Guterres mengatakan bahwa dia juga telah mengarahkan penyelidikan independen ke dalam kekejaman yang ditemukan di Bucha, menambahkan bahwa dia “sangat terkejut” dengan kesaksian pribadi tentang pemerkosaan dan kekerasan seksual.



"Saya sangat menyesalkan perpecahan yang telah mencegah Dewan Keamanan bertindak tidak hanya di Ukraina, tetapi juga pada ancaman lain terhadap perdamaian dan keamanan di seluruh dunia," kata Gutterres.

“Saya mendesak dewan untuk melakukan segala daya untuk mengakhiri perang dan untuk mengurangi dampaknya baik pada orang-orang yang menderita di Ukraina dan pada orang-orang yang rentan di negara-negara berkembang di seluruh dunia,” ujarnya.

Rosemary DiCarlo, Wakil Sekretaris Jenderal untuk Urusan Politik dan Pembangunan Perdamaian, juga memperbarui dewan tentang korban terbaru yang datang dari Ukraina, mengatakan bahwa badan pemantauan hak asasi manusia PBB telah mengkonfirmasi 1.480 warga sipil tewas, dan 2.195 terluka sejak 24 Februari, tetapi angka sebenarnya jauh lebih tinggi.

Tidak ada ketentuan atau mekanisme untuk memberhentikan anggota tetap Dewan Keamanan yang tertulis dalam piagam PBB. Lima anggota tetap adalah Rusia, Amerika Serikat (AS), Inggris, Prancis, dan China.

Setiap anggota tetap memiliki hak veto untuk menolak tindakan yang diajukan untuk pemungutan suara di Dewan Keamanan. Tindakan ini dapat termasuk menjatuhkan sanksi atau mengizinkan penggunaan kekuatan untuk menjaga atau memulihkan perdamaian keamanan internasional, meskipun dewan tersebut belum mengambil tindakan terkait dengan perang Rusia saat ini di Ukraina.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2175 seconds (0.1#10.140)