Zelensky Serukan Rusia Dicopot dari Dewan Keamanan PBB

Rabu, 06 April 2022 - 00:01 WIB
loading...
A A A
Lebih jauh Zelensky mengatakan jika Rusia tidak dikeluarkan dari dewan, badan itu dibubarkan saja.



“Jika tidak ada alternatif dan tidak ada pilihan, maka opsi selanjutnya akan membubarkan diri sama sekali,” ujarnya.

Presiden Ukraina itu juga mengusulkan konferensi global untuk diadakan di Kiev guna membahas reformasi di PBB.

“Sekarang jelas bahwa tujuan yang ditetapkan di San Francisco pada tahun 1945 untuk pembentukan organisasi internasional keamanan global belum tercapai, dan tidak mungkin untuk mencapainya tanpa reformasi,” ucapnya.

Zelensky merinci beberapa keadaan paling mengerikan dari para korban yang ditemukan di pinggiran Kiev setelah mundurnya Rusia. Dia mengatakan bahwa orang-orang ditembak di bagian belakang kepalanya setelah disiksa, beberapa ditembak di jalan-jalan dan warga sipil dihancurkan sampai mati di mobil mereka oleh tank.

“Mereka memotong anggota badan, menggorok leher, perempuan diperkosa dan dibunuh di depan anak-anak mereka. Lidah mereka dicabut hanya karena agresor tidak mendengar apa yang ingin mereka dengar dari mereka,” kata Zelensky dalam pidatonya.



Dia juga menyerukan pengadilan “mirip Nuremberg” terhadap Rusia – sebuah istilah yang mengacu pada pengadilan militer internasional yang diadakan setelah Perang Dunia II.

"Militer Rusia, dan mereka yang memberi perintah harus dibawa ke pengadilan, segera atas kejahatan perang di Ukraina," serunya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)