Batalkan Uji Rudal Nuklir Minuteman III, AS Bantah Takut Rusia

Senin, 04 April 2022 - 10:03 WIB
loading...
A A A
Juru bicara Pentagon itu mencatat bahwa pemerintahan Biden telah mendukung sayap timur NATO, termasuk pesawat dan pasukan tambahan yang telah dikerahkan hanya dalam seminggu terakhir.

Adapun peluncuran ICBM Minuteman III, Kirby mengatakan tes lain tetap sesuai jadwal untuk akhir tahun ini.

“Kami yakin dengan kemampuan kami dalam hal kemampuan rudal balistik–bahwa mereka masih siap, bahwa mereka masih sehat,” kata Kirby.

“Tes ini hanyalah salah satu dari sekian banyak yang akan dilakukan dan telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Jadi kami yakin dengan kemampuan itu.”

Ketika tes ditunda bulan lalu, Kirby mengatakan: "Keputusan ini adalah upaya untuk menunjukkan bahwa kami tidak berniat terlibat dalam tindakan apa pun yang dapat disalahpahami atau disalahartikan."

Pentagon juga mengkritik keputusan Putin untuk menempatkan pasukan nuklir Rusia dalam siaga tinggi, menyebutnya berbahaya, tidak bertanggung jawab dan tidak perlu.

Putin telah mengatakan bahwa "pernyataan agresif" oleh NATO dan kampanye sanksi Barat terhadap Rusia membuat kesiapan nuklir yang tinggi diperlukan.

Minuteman III pertama kali digunakan pada tahun 1970 dan pada awalnya dimaksudkan untuk beroperasi selama sekitar 10 tahun.
Pengujian penggantinya, rudal Ground-Based Strategic Deterrent (GBSD), dijadwalkan akan dimulai pada akhir tahun 2023.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)