Tentara Rusia Dituduh Bantai 57 Warga Sipil di Bucha Ukraina, Mayat-mayat Berserakan

Senin, 04 April 2022 - 07:10 WIB
loading...
A A A
Pemimpin Ukraina mengatakan itu akan mencakup ahli nasional dan internasional, penyelidik, jaksa dan hakim.

"Setiap orang yang bersalah atas kejahatan semacam itu akan dimasukkan ke dalam Buku Algojo khusus, (dan) akan ditemukan dan dihukum," katanya.

Dia memerintahkan Kementerian Luar Negeri Ukraina, kantor kejaksaan, polisi dan kepala keamanan untuk memastikan bahwa mekanisme itu segera beroperasi.

Zelensky mengatakan pihak berwenang Ukraina sedang bekerja untuk membangun kembali Bucha dan kota-kota lain di dekat ibu kota yang direbut kembali dari Rusia.

“Semua layanan yang diperlukan sudah bekerja di Bucha untuk menghidupkan kembali kota. Pulihkan pasokan listrik, pasokan air,” katanya.

“Karena Rusia diusir. Dan Ukraina kembali. Dan menghidupkan kembali," imbuh Zelensky, berjanji untuk memenangkan perang.

Presiden Prancis Emmanuel Macron menjadi pemimpin dunia terbaru yang mengutuk pemandangan tak tertahankan dari puluhan warga sipil yang dibantai di kota Bucha. "Pihak berwenang Rusia harus bertanggung jawab atas kejahatan ini," katanya.

Bukti dugaan pembantaian warga sipil di sekitar Kiev telah muncul ketika tentara Rusia telah mundur dari ibu kota dalam menghadapi perlawanan sengit dari pasukan Ukraina.

Wartawan AFP melihat sedikitnya 20 mayat, semuanya berpakaian sipil, berserakan di satu jalan di kota Bucha pada hari Jumat.

Salah satu tangan korban diikat ke belakang dengan kain putih, dan paspor Ukraina-nya dibiarkan terbuka di samping tubuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)