AS Mengatakan Israel Bebas Tindak Iran

Jum'at, 01 April 2022 - 19:57 WIB
loading...
A A A
Utusan AS itu melanjutkan dengan menyatakan bahwa Israel terus diberitahu tentang pembicaraan nuklir yang sedang berlangsung. Ia mengatakan Tel Aviv tahu persis apa yang sedang terjadi, bahkan jika para pejabat kadang-kadang tidak senang dengan arah negosiasi.

Penunjukkan Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) sebagai kelompok teroris oleh AS tetap menjadi masalah utama antara kedua belah pihak. Nides, bagaimanapun, menolak untuk mengatakan apakah pemerintah AS akan mengeluarkan kelompok militer elit Iran itu dari daftar hitam teroris, meskipun ada laporan AS tengah mempertimbangkan langkah itu.



Perdana Menteri Israel Naftali Bennett telah mendesak agar keputusan semacam itu tidak diambil, mengutip kekhawatiran atas IRGC selama konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akhir pekan lalu.

Pada konferensi pers, diplomat top Amerika menyatakan "tidak ada siang hari" antara sikap AS dan Israel terhadap Iran yang bersenjata nuklir, bersumpah bahwa ada "kesepakatan atau tidak," kedua belah pihak akan terus bekerja sama untuk melawan perilaku destabilisasi Iran di kawasan itu.

Tel Aviv telah lama menentang JCPOA, setelah menuduh Iran bekerja untuk membuat senjata nuklir selama lebih dari 20 tahun. Mantan PM Israel, Benjamin Netanyahu, mengecam perjanjian itu sebagai bentuk upaya peredaan yang berbahaya. Netanyahu bersikeras bahwa klausul kesepakatan untuk pembatasan nuklir pada akhirnya akan memungkinkan Iran untuk mendapatkan bom.

Bennett, pada bagiannya, juga menyebut perjanjian itu sebagai "solusi Band-Aid" yang akan bertahan hanya untuk beberapa tahun. Bennet juga menunjukkan bahwa Israel akan membayar harga untuk Teheran yang diberdayakan setelah JCPOA berakhir.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)