AS Mengatakan Israel Bebas Tindak Iran

Jum'at, 01 April 2022 - 19:57 WIB
loading...
AS Mengatakan Israel Bebas Tindak Iran
AS mengatakan Israel bebas bertindak terhadap Iran. Foto/Ilustrasi
A A A
TEL AVIV - Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Israel mengatakan perjanjian nuklir yang baru dengan Iran tidak akan menghalangi sekutu dekat Washington itu untuk mengambil tindakan untuk melindungi diri sendiri.

Hal itu diungkapkan saat para negosiator tengah berusaha untuk menghidupkan kembali perjanjian JCPOA 2015 antara Teheran dan kekuatan dunia.

Berbicara kepada Channel12 Israel, Dubes Tom Nides menguraikan bahwa Amerika Serikat tidak mengharapkan Tel Aviv untuk duduk diam dan tidak melakukan apa-apa jika kesepakatan akhirnya dicapai dengan Iran.



“Kami sudah sangat jelas tentang ini. Jika kita memiliki kesepakatan, tangan Israel tidak terikat. Jika kita tidak memiliki kesepakatan, tangan Israel tentu saja tidak terikat,” kata utusan AS itu

“(Kesepakatan tercapai atau tidak) Israel dapat melakukan dan mengambil tindakan apa pun yang perlu mereka ambil untuk melindungi negara," ia menambahkan seperti dilansir dari Russia Today, Jumat (1/4/2022).

Sementara Nides berpendapat bahwa Presiden Joe Biden melakukan apa pun yang dia bisa untuk memastikan bahwa Iran tidak memiliki senjata nuklir menggunakan saluran diplomatik, dia tampaknya diam-diam memberikan restu untuk aksi militer Israel terhadap Iran bahkan dengan kesepakatan untuk menahan program atomnya.



Iran menegaskan fasilitas nuklirnya tidak memiliki dimensi militer dan hanya digunakan untuk tujuan listrik serta medis, klaim yang berulang kali dikonfirmasi oleh pengawas nuklir PBB sebelum penarikan sepihak Washington dari JCPOA pada 2018.

Sejak itu, AS telah menerapkan kembali semua sanksi sebelumnya pada Teheran, sementara Iran telah mengurangi komitmennya sendiri berdasarkan kesepakatan itu termasuk batasan pengayaan uraniumnya.

Utusan AS itu melanjutkan dengan menyatakan bahwa Israel terus diberitahu tentang pembicaraan nuklir yang sedang berlangsung. Ia mengatakan Tel Aviv tahu persis apa yang sedang terjadi, bahkan jika para pejabat kadang-kadang tidak senang dengan arah negosiasi.

Penunjukkan Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) sebagai kelompok teroris oleh AS tetap menjadi masalah utama antara kedua belah pihak. Nides, bagaimanapun, menolak untuk mengatakan apakah pemerintah AS akan mengeluarkan kelompok militer elit Iran itu dari daftar hitam teroris, meskipun ada laporan AS tengah mempertimbangkan langkah itu.



Perdana Menteri Israel Naftali Bennett telah mendesak agar keputusan semacam itu tidak diambil, mengutip kekhawatiran atas IRGC selama konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akhir pekan lalu.

Pada konferensi pers, diplomat top Amerika menyatakan "tidak ada siang hari" antara sikap AS dan Israel terhadap Iran yang bersenjata nuklir, bersumpah bahwa ada "kesepakatan atau tidak," kedua belah pihak akan terus bekerja sama untuk melawan perilaku destabilisasi Iran di kawasan itu.

Tel Aviv telah lama menentang JCPOA, setelah menuduh Iran bekerja untuk membuat senjata nuklir selama lebih dari 20 tahun. Mantan PM Israel, Benjamin Netanyahu, mengecam perjanjian itu sebagai bentuk upaya peredaan yang berbahaya. Netanyahu bersikeras bahwa klausul kesepakatan untuk pembatasan nuklir pada akhirnya akan memungkinkan Iran untuk mendapatkan bom.

Bennett, pada bagiannya, juga menyebut perjanjian itu sebagai "solusi Band-Aid" yang akan bertahan hanya untuk beberapa tahun. Bennet juga menunjukkan bahwa Israel akan membayar harga untuk Teheran yang diberdayakan setelah JCPOA berakhir.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)