Rusia: Negara-negara BRICS Akan Berada di Jantung Tata Dunia Baru

Kamis, 31 Maret 2022 - 06:15 WIB
loading...
Rusia: Negara-negara BRICS Akan Berada di Jantung Tata Dunia Baru
Para pemimpin negara-negara anggota BRICS bertemu dalam konferensi tingkat tinggi di Afrika Selatan pada 2018. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Sejak Barat mendeklarasikan perang hibrida melawan Rusia, Moskow harus mencari peluang di wilayah lain. Pernyataan itu diungkapkan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov.

Menurut Ryabkov, negara-negara BRICS yakni Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan akan berada di jantung tatanan dunia baru.

"Dalam segala hal ... negara-negara ini akan menjadi dasar dari tatanan dunia baru," papar wakil menteri luar negeri Rusia kepada RT.com ketika ditanya apakah negara-negara BRICS akan mengambil peran yang lebih penting di dunia.

Baca juga: Militer Rusia Ungkap Berbagai Strategi di Dekat Ibu Kota Ukraina

“Rusia sedang bekerja menjalin kontak dengan negara mana pun yang tertarik untuk bekerja sama,” papar dia.

Baca juga: Pendeta Ukraina Pro-Rusia Diculik Sekelompok Pria Bersenjata di Gereja

"Tidak ada berita di sini tentang kebijakan stabil dan lama kami untuk membangun kemitraan statis yang komprehensif dengan China, ini hanyalah langkah lain," ujar dia, mengomentari pertemuan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov baru-baru ini dengan Menlu China Wang Yi.

Baca juga: Rusia: Ukraina Siap Penuhi Berbagai Tuntutan Utama Moskow

Mengomentari keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk beralih ke pembayaran rubel untuk kontrak gas dengan negara-negara “tidak bersahabat”, Ryabkov mengatakan Rusia tidak mengubah ketentuan kontrak tetapi melindungi kepentingannya.

"Kami tidak mengubah (persyaratan) kontrak, kami melindungi kepentingan kami dari tsunami, gelombang sanksi yang sama sekali tidak bertanggung jawab yang baru saja menghantam fondasi perdagangan internasional dan sistem internasional," ujar Ryabkov kepada RT.com.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2129 seconds (11.97#12.26)