7 Fakta Jalur Sutra, Rute Perdagangan Kuno Paling Masyhur

Minggu, 21 Juni 2020 - 16:58 WIB
loading...
7 Fakta Jalur Sutra, Rute Perdagangan Kuno Paling Masyhur
Jalur sutra adalah sebuah rute perdagangan yang menghubungkan China dengan Eropa. Dibangun saat Dinasti Han berkuasa dan secara resmi dibuka pada 130 SM. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
JALUR sutra adalah sebuah rute perdagangan yang menghubungkan China dengan Eropa. Dibangun saat Dinasti Han berkuasa dan secara resmi dibuka pada 130 SM, jalur sutra masih dipergunakan sampai 1453 M, lalu ditutup saat Kesultanan Ottoman yang memboikot perdagangan dengan China. (Baca juga: One Belt One Road, Proyek Jalur Sutra Abad 21 China)

1. Jalur membentang dari China sampai Eropa Timur

7 Fakta Jalur Sutra, Rute Perdagangan Kuno Paling Masyhur


Nama jalur sutra diperkenalkan pada 1870 oleh ahli Geografi Jerman Ferdinand Richthofen. Penamaan itu karena sangat terkenalnya perdagangan komoditas sutra ketika rute itu ramai dipergunakan banyak negara.

Jalur sutra adalah sebuah rute perdagangan dengan panjang lebih kurang 6.500 km yang membentang dari China sampai Eropa Timur, melewati sepanjang wilayah India dan Persia. (Baca juga: Keroyok China, Delapan Negara Bentuk Aliansi Baru)

2. Jalur sutra terdiri atas rute daratan dan lautan
Jalur sutra bukanlah sebuah jalan, tapi kompleks rute yang meliputi rute darat dan laut yang harus dilewati pedagang untuk mencapai tempat bisnisnya. Rute sebenarnya sering berubah karena cuaca, bencana alam, dan ancam bandit yang mengancam keselamatan pedagang. Pedagang sering menggunakan unta untuk membawa barang mereka selagi melintasi jalur sutra.

3. Rute untuk jual-beli atau barter barang antarwilayah

7 Fakta Jalur Sutra, Rute Perdagangan Kuno Paling Masyhur


Sutra bukan satu-satunya produk yang dibawa oleh pedagang China melewati jalur sutra. Mereka membawa rempah-rempah, porselen, dan barang lainnya untuk dijual atau dibarter. Barang-barang lainnya termasuk parfum, permata, karang, gading, bulu, bubuk mesiu, dan manik-manik kaca. Barang yang dibawa oleh pedagang Eropa ke China untuk dijual atau dibarter meliputi giok, anggur, budak, hewan, pecah belah, wool, dan gelas khas Mediterania.

4. Kota Samarkand sebagai rute utama jalur sutra
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)