Roman Abramovich Dilaporkan Keracunan, Kremlin: Sabotase Informasi

Selasa, 29 Maret 2022 - 20:51 WIB
loading...
A A A
Sifat pasti dari posisinya dalam pembicaraan tidak jelas, tetapi juru bicara oligarki sebelumnya mengatakan pengaruhnya "terbatas".

Sebelumnya, Wall Street Journal melaporkan bahwa ketiga pria itu menderita gejala dugaan keracunan yang meliputi mata merah, robek terus-menerus dan menyakitkan, serta kulit di wajah yang mengelupas dan tangan mereka, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.



Penyelidikan ini dilakukan oleh Christo Grozev dari Bellingcat, yang sebelumnya mengklaim keterlibatan Rusia dalam dugaan peracunan Sergey dan Yulia Skripal 2018 di Inggris dan aktivis Alexey Navalny pada 2020.

Rusia telah menetapkannya sebagai "agen asing," mengutip hubungan keprihatinan itu dengan badan-badan intelijen Barat dan pendanaannya dari pemerintah Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Belanda.

“Bellingcat dapat mengkonfirmasi bahwa tiga anggota delegasi yang menghadiri pembicaraan damai antara Ukraina dan Rusia pada malam 3 hingga 4 Maret 2022 mengalami gejala yang konsisten dengan keracunan dengan senjata kimia,” kata kelompok yang berbasis di Belanda itu.

Menurut WSJ, Grozev mengatakan dia tidak bisa meminta ahli Jerman untuk menganalisis sampel tepat waktu untuk menunjukkan jejak bahan kimia.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2152 seconds (0.1#10.140)