Balas Dendam, Rusia Usir 10 Diplomat Baltik

Selasa, 29 Maret 2022 - 19:09 WIB
loading...
Balas Dendam, Rusia Usir 10 Diplomat Baltik
Balas dendam, Rusia usir 10 diplomat Baltik. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rusia pada Selasa (29/3/2022) mengumumkan pengusiran 10 diplomat dari tiga negara Baltik sebagai aksi balasan. Diplomat yang diusir itu termasuk tiga diplomat masing-masing dari Estonia dan Latvia , dan empat dari Lithuania .

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan bahwa mereka telah memanggil duta besar dari tiga negara untuk menyampaikan keluhan tentang apa yang digambarkan sebagai tindakan "provokatif" dan "tidak berdasar" yang diambil terhadap para diplomatnya seperti dikutip dari Channel News Asia.



Tiga negara Baltik total mengusir 10 diplomat Rusia dalam langkah terkoordinasi awal bulan ini.

Latvia mengatakan kegiatan diplomat Rusia bertentangan dengan status diplomatik mereka dan bahwa keputusan untuk mengusir mereka juga telah mempertimbangkan invasi Rusia ke Ukraina.



Latvia, Lituania dan Estonia pernah menjadi bagian dari Uni Soviet dan sekarang menjadi anggota NATO dan Uni Eropa. Mereka sangat mendukung sanksi Barat yang dikenakan pada Moskow atas tindakannya di Ukraina.

Hubungan antara Rusia dan negara-negara Eropa Tengah yang pernah menjadi bagian dari lingkup pengaruhnya telah lama penuh gejolak tetapi invasi ke Ukraina telah secara signifikan meningkatkan ketakutan dan kecurigaan tentang niat Moskow.

Selain negara-negara Baltik, Polandia dan Bulgaria juga telah mengusir diplomat Rusia.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0991 seconds (0.1#10.140)