Negara-negara Pemasok Senjata ke Israel, Nomor 1 Jumlahnya Terbesar

Selasa, 29 Maret 2022 - 14:23 WIB
loading...
A A A
Melansir Al Jazeera, jika ditotal, Inggris telah menjual perangkat keras dan senjatanya ke Israel sebesar USD466 juta dalam 5 tahun terakhir.

Adapun jenis senjata yang dipasok ke Israel adalah senapan serbu, amunisi senjata kecil, dan senapan sniper.

Peningkatan nilai penjualan senjata Inggris ke Israel ini dibaca sebagai tanda bahwa hubungan diplomatik antara keduanya semakin baik.

3. Kanada

Sejak tahun 2015, Kanada masuk dalam negara yang paling banyak mengeskpor senjatanya ke Israel. Melansir Canadian Dimension, Kanada mengirimkan senjata senilai USD57 juta ke Israel di tahun 2015.

Angka itu sudah termasuk pengiriman komponen bom. Eskalasi penyerangan Israel terhadap Gaza yang kian meningkat, membuat pemerintah Kanada meninjau kembali pengiriman senjata ke luar negeri terutama ke Israel.

Gelombang protes pun dilayangkan oleh masyarakat Inggris akibat serangan ke Gaza itu.

4. Italia

Italia dan Israel terikat dalam kerja sama timbal balik di tahun 2011. Laman Defense News menyebut, pemerintah Israel dan Italia menyepakati hal tersebut dengan aturan Israel akan membeli 30 pesawat latih milik Italia.

Sementara itu, Italia akan membeli 2 sistem peringatan dini udara dan satelit observasi Israel. Penandatanganan kesepakatan itu baru dilakukan dan terealisasi di tahun 2019.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0554 seconds (0.1#10.140)