Pria Ini Coba Mendayung Perahu dari Thailand ke India demi Bertemu Istri

Sabtu, 26 Maret 2022 - 12:37 WIB
loading...
Pria Ini Coba Mendayung Perahu dari Thailand ke India demi Bertemu Istri
Ho Hoang Hung, pria Vietnam mencoba mendayung perahu dari Thailand ke India demi bertemu istrinya. Foto/Facebook/Third Naval Area Command
A A A
BANGKOK - Seorang pria Vietnam mencoba mendayung perahu sejauh 2.000 km dari Thailand ke India untuk bertemu istrinya. Namun, upayanya yang berbahaya dicegah pasukan Angktan Laut setempat.

Ho Hoang Hung berangkat dari pulau wisata Thailand di Phuket dengan perahu karet tiup, dilengkapi dengan air dan mie instan tetapi tidak ada sistem navigasi. Dia berencana untuk menyeberangi Teluk Benggala.

Sebuah kapal nelayan menemukan pria berusia 37 tahun itu pada Rabu lalu di dekat Kepulauan Similan, sekitar 80 km dari daratan Thailand. Nelayan tersebut lantas menghubungi unit keamanan maritim Angkatan Laut, yang datang dan menyelamatkan Ho.

Ho mengatakan kepada para pejabat Thailand bahwa dia berusaha untuk menemui istrinya, yang bekerja di Mumbai, setelah dua tahun terpisah karena pembatasan perjalanan terkait pandemi COVID-19. Demikian disampaikan Kapten Pichet Songtan dari Pusat Komando Penegakan Maritim Thailand kepada AFP,yang dilansir Sabtu (26/3/2022).



Kapten Pichet mengatakan pria itu ditemukan tanpa peta, kompas, GPS atau pun pakaian ganti, dan hanya memiliki sedikit air.

Dia awalnya terbang ke Bangkok tetapi menemukan bahwa tanpa visa dia tidak dapat melakukan perjalanan ke India, dan naik bus ke Phuket, di mana dia memperoleh sampan.

Setelah berangkat pada 5 Maret, Ho tampaknya tertahan oleh terjangan angin, membuat upayanya terhambat dalam dua minggu sebelum dia ditemukan kapal nelayan.

Pejabat Thailand mengatakan Ho akan dikembalikan ke Phuket untuk diinterogasi lebih lanjut.

"Kami telah menghubungi Kedutaan Vietnam serta Kedutaan India tetapi belum mendapat jawaban," kata Kapten Pichet.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)