Rusia Sebut Tentara Ukraina Jadi Kelinci Percobaan Obat Eksperimental AS

Jum'at, 25 Maret 2022 - 05:16 WIB
loading...
Rusia Sebut Tentara Ukraina Jadi Kelinci Percobaan Obat Eksperimental AS
Rusia sebut tentara Ukraina jadi sukarelawan obat eksperimental AS. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Amerika Serikat (AS) telah terlibat dalam pengujian obat eksperimental pada "sukarelawan" dari jajaran militer Ukraina . Pernyataan itu dilontarkan komandan Pasukan Perlindungan Nuklir, Biologis dan Kimia Rusia Letnan Jenderal Igor Kirillov.

Pengujian obat eksperimentaldilakukan dalam apa yang disebut proyek UP-8, yang diekspos oleh militer Rusia awal bulan ini.

“Kami terus mempublikasikan informasi tentang penelitian dengan partisipasi personel militer Ukraina. Saya ingin mencatat bahwa pekerjaan seperti itu dilarang di Amerika Serikat dan dilakukan oleh militer di luar negeri,” kata pejabat Rusia itu.



“Menurut data yang diterbitkan di media Bulgaria, sekitar 20 tentara Ukraina tewas selama percobaan di laboratorium Kharkov saja, dan 200 lainnya dirawat di rumah sakit,” tambah Kirillov, sambil mengklaim bahwa “lebih dari empat ribu orang” terlibat dalam pengujian di Ukraina seperti dikutip daru Russia Today, Jumat (25/3/2022).

Pejabat itu menyerahkan sebuah dokumen, yang konon dikirim oleh atase militer Ukraina di AS ke Kementerian Pertahanan negara itu pada April tahun lalu. Dokumen tersebut menyoroti pertemuan antara atase dan perwakilan perusahaan AS-Kanada Skymount, yang terlibat dalam penelitian terkait AI.

Menurut dokumen itu, perusahaan tersebut menunjukkan kepada pejabat Ukraina solusinya dalam pengamatan jarak jauh, serta Deep Drug AI, sebuah sistem yang digunakan untuk menyaring dan mengembangkan obat-obatan.



Sistem melakukan pekerjaan 60 orang per tahun per hari, sangat mengurangi jam kerja manual untuk menghasilkan molekul target baru dari obat yang sudah ada dan disetujui sebelumnya, menurut pengembangnya.

“Dokumen yang diterima mengkonfirmasi upaya untuk menguji obat yang sebelumnya belum diuji pada (tentara Ukraina). Kita berbicara tentang sistem penyaringan untuk obat-obatan 'Deep Drug', yang belum melewati prosedur perizinan di AS dan Kanada,” jelas Kirillov.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)