Kapal Induk AS Siaga di Mediterania, Tunggu Perintah Zona Larangan Terbang Ukraina

Selasa, 22 Maret 2022 - 20:37 WIB
loading...
A A A
Kapal induk kelas Nimitz dan pengawalnya saat ini ditempatkan di Laut Ionia, badan air tepat di tenggara "boot" Italia dan pantai barat Yunani.

Kapal induk itu dikatakan telah melakukan lebih dari 75 misi patroli di sepanjang sisi timur NATO, termasuk di dekat perbatasan Ukraina, selama sebulan terakhir.

Truman telah digunakan berulang kali dalam perang agresi AS, dengan kapal induknya menerbangkan lebih dari 1.200 serangan mendadak selama invasi ke Irak pada 2003.

Kapal induk itu juga membantu pasukan koalisi selama pertempuran melawan pemberontakan Taliban di Afghanistan pada 2010-an.

Ketegangan saat ini antara Rusia dan NATO atas Ukraina bukan pertama kalinya AS mengerahkan kelompok tempur kapal induk di Mediterania sebagai unjuk kekuatan melawan Moskow.

Pada musim semi 2014, setelah kemenangan kudeta Maidan yang didukung AS dan Uni Eropa di Kiev dan ketegangan antara Rusia dan NATO atas nasib Krimea, Washington mengerahkan kapal induk kelas Nimitz lainnya, George H.W. Bush, dekat semenanjung di selatan Turki.

Semakin banyak anggota parlemen AS menyerukan penerapan zona larangan terbang di atas Ukraina, terlepas dari bahaya memprovokasi konfrontasi militer langsung dengan Rusia.

AS dan sekutunya memiliki pengalaman menerapkan zona larangan terbang di sebagian besar negara-negara kecil, termasuk Irak, Bosnia, dan Libya.

Antara 1991 dan 2011, NATO menggunakan zona larangan terbang terhadap negara-negara ini tidak hanya untuk menghentikan pengoperasian pesawat di atas area yang ditentukan, tetapi juga untuk mereka sendiri terlibat dalam pemboman target darat.

Di Irak, pihak berwenang memperkirakan hingga 1.400 warga sipil tewas di zona larangan terbang yang diberlakukan AS dan Inggris antara tahun 1991 dan 2003.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)